Wajib Tahu! Inilah 5 Kesalahan Fatal Yang Harus Dihindari Saat Mendekor Rumah Sendiri

DekorInspira.com – Wajib Tahu! Inilah 5 Kesalahan Fatal Yang Harus Dihindari Saat Mendekor Rumah Sendiri

Memiliki rumah baru merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi rumah tersebut dibeli dari hasil jerih payahnya sendiri. Ada beragam jenis rumah yang kini ditawarkan oleh para pengembang properti, termasuk rumah minimalis di pinggiran kota. Nah, bila diperhatikan, ciri khas dari rumah minimalis yang seperti ini adalah tampilannya seragam, mulai dari cat, jumlah ruangan, dan luas halaman. Tapi, jangan khawatir! Kamu bisa kok mendekornya sendiri supaya rumahmu terlihat lebih menarik dan tampak beda.



Sebelum keinginanmu terwujud, tentu ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan fatal saat mendekor rumah sendiri. Di satu sisi, memang ada perusahaan jasa khusus untuk mendekorasi rumah dengan desain interior yang kamu inginkan. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa berkreasi sendiri, kan? Toh, hasil dekor sendiri jauh lebih memuaskan dan hemat budget asalkan kamu concern dengan kesalahan fatal yang harus dihindari saat mendekor rumah sendiri berikut ini. Simak yuk ulasannya!

1. Kesalahan Pada Pengecatan Dinding Rumah

Kesalahan fatal saat mendekor rumah sendiri, terutama yang sering dialami oleh pemula adalah pemilihan warna cat yang salah. Ya, usahakan jangan terpaku pada warna cat dari katalog warna. Ketahuilah jika warna katalog tersebut tidak melulu menghasilkan warna yang sama apabila diterapkan pada dinding rumahmu. Jadi, cara terbaik untuk memilih warna dinding yang tepat adalah dengan meminta tester bagaimana hasil cobanya di dinding terlebih dulu.

Selanjutnya, kesalahan fatal saat mendekor rumah sendiri adalah kesan ruangan yang diinginkan tidak sesuai dengan cat yang dipilih. Misalnya, kamu ingin tata ruang rumah yang maskulin atau lebih tegas. Maka, jangan kira warna cat yang diterapkan harus selalu yang gelap! Pilihan warna-warna lain seperti abu-abu, putih, atau cokelat susu bisa jadi rekomendasi yang tepat untuk kebutuhanmu tersebut. Jangan lupa pula untuk menyeleraskannya pada warna furnitur yang ada diruangan biar terlihat matching ya!

2. Tidak Pede Dengan Seleranya Sendiri

Seringkali kesalahan fatal saat mendekor rumah sendiri yang dilakukan oleh pemilik rumah adalah tidak percaya diri dengan desain pilihannya. Mereka lebih memilih saran dan konsep dari tata ruang yang diperolehnya dari internet ketimbang seleranya sendiri. Ya, memang konsep yang diambil dari sumber luar seperti internet sekilas terlihat menarik. Namun, perlu kamu tahu juga, bahwa belum tentu konsep tersebut bakalan pas bila diterapkan dirumahmu. Nah, lalu bagaimana solusinya?

Ingat ya guys, rumah itu adalah milikmu. Kamu punya kebebasan untuk mendekorasinya sendiri. Hanya saja, jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan ruang di rumahmu. Kamu boleh saja mengambil ide atau kreasi desain rumah dari sumber lain, namun jangan langsung dipakai mentah-mentah. Tetap pertimbangkan satu atau dua konsep yang kamu pilih sesuai dengan seleramu agar hasilnya lebih pas. Toh kepuasanmu akan memberikan kenyamanan tersendiri saat menikmati hasil dekormu, bukan?

3. Salah Pilih Perabotan Rumah

Memang rumah dengan perabotan lengkap menjadi dambaan bagi kamu yang baru saja membeli rumah. Namun, janganlah terburu-buru sampai salah pilih perabotan. Ya, salah satu kesalahan fatal saat mendekor rumah sendiri yang biasa dilakukan banyak orang adalah membeli perabotan yang tidak dibutuhkan. Atau tidak sengaja beli perabotan yang fungsinya sama dengan perabotan yang sudah kamu punya. Akibatnya, ruangan jadi penuh sesak dan tidak proporsional sehingga membatasi ruang gerakmu. Lalu, bagaimana solusinya?



Untuk mengatasi masalah tersebut, pertimbangkan dulu daftar perabotan yang hendak kamu beli. Pastikan jangan beli yang sudah kamu miliki atau masih bisa kamu maksimalkan fungsinya. Jika perlu, beli saja perabotan yang multifungsi sehingga bisa menghemat ruangan, terutama jika rumahmu tergolong minimalis. Selain hemat budget, kamu pun jadi punya banyak space lapang di hunianmu. Setuju dong, guys?

4. Kurang Mempertimbangkan Kenyamanan

Perlu kamu tahu, memilih desain interior rumah dan eksterior yang menarik nan eksotis boleh-boleh saja. Namun, hal ini akan jadi kesalahan fatal saat mendekor rumah sendiri ketika kamu kurang memperhatikan dan mempertimbangkan faktor kenyamanannya. Bisa dibayangkan, di ruangan yang cantik tersebut, kamu malah merasa silau dengan pilihan warna dindingnya. Begitu pula dengan pemilihan sofa yang tidak nyaman saat diduduki ketika berkumpul bersama keluarga. Kalau sudah begini, bukannya betah, tapi malah sebaliknya, kan?

Nah, agar kesalahan fatal itu tidak terjadi padamu, lebih baik utamakan dulu faktor kenyamanan sebelum menentukan desain dekorasi rumah beserta furnitur yang dipilih. Jangan lupakan pula bahwa furnitur tersebut juga harus punya fungsi yang optimal sesuai dengan fungsi ruangnya. Dengan begitu, tidak ada lagi perabotan yang sia-sia dan tak terpakai nantinya.

5. Tidak Memajang Hasil Karya Seni Sebagai Aksesoris Rumah

Salah satu faktor dekorasi rumah yang penting namun sering dilupakan sehingga menjadi kesalahan fatal saat mendekor rumah sendiri adalah tidak memberikan sentuhan konsep seni di dalam tata ruang hunian. Padahal, seni itu penting dan punya efek menyejukkan mata bagi yang memandang lho, guys! Ada beragam jenis hasil karya seni yang bisa kamu padu padankan di ruangan rumahmu seperti lukisan, foto, dan ornamen-ornamen hias lainnya.

Cara mengaplikasikannya, tidak masalah jika ornamen tersebut nantinya tidak saling berkaitan satu sama lain. Namun, pastikan karya seni tersebut menampilkan warna-warni yang menarik. Atau kamu juga bisa menonjolkan kesan seni dari hasil kombinasi hiasan yang ukurannya berbeda dengan tema yang sama. Misalnya, menggunakan bingkai foto untuk kolase dindingnya. Dijamin deh, rumahmu akan terlihat lebih hidup dan menarik!



Nah, itu dia 5 hal yang perlu kamu pertimbangkan biar tidak terjadi kesalahan fatal saat mendekor rumah sendiri. Pernahkah kamu mengalaminya? Ataukah kamu punya pengalaman tak terlupakan ketika merenovasi rumahmu sendiri? Share yuk di kolom komentar!

, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *