Wajib Tahu! Ini 7 Tips Bangun Rumah Agar Sesuai Rencana Budget

DekorInspira.com – Wajib Tahu! Ini 7 Tips Bangun Rumah Agar Sesuai Rencana Budget

Siapapun tentu memimpikan untuk segera memiliki rumah milik sendiri. Baik itu dengan cara membeli rumah atau membangunnya sedikit demi sedikit secara bertahap. Kedua hal tersebut tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Oleh sebab itu, kamu harus bijak dalam memutuskannya. Ketika kamu memilih untuk membangun rumah, hal pertama yang wajib diperhitungkan dengan baik adalah persoalan budget. Pasalnya meski terkesan mudah, membangun rumah bisa menyebabkan pembengkakan biaya, lho kalau tidak direncanakan dengan cermat! Jadi, sebelum mulai merancang seperti apa rumah impian yang akan kamu bangun, sebaiknya pahami dulu 7 tips bangun rumah agar sesuai rencana budget berikut ini.

1. Buatlah Perencanaan Matang Untuk Pembangunan Rumah

Sumber: Pexels.com/RawPixel

Tips bangun rumah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin membangun rumah adalah membuat perencanaan. Ini berlaku untuk tips bangun rumah 2 lantai sampai tips bangun rumah di lahan sempit. Perencanaan ini mencakup ukuran bangunan, dana, sampai seberapa lama target waktu untuk pembangunan. Kalau kamu matang dalam konsep rencana, maka berbagai kemungkinan yang dapat terjadi di masa depan dapat terkendali dengan baik.

Langkah ini juga merupakan strategi bangun rumah yang sangat penting dilakukan. Lagipula, tidak menutup kemungkinan ketika sudah berada pada tahap pembangunan akan terjadi sesuatu yang menyeleweng, misalnya kurangnya bahan material. Kondisi tersebut menjadi salah satu faktor paling besar yang memicu terjadinya pembengkakan biaya. Oleh sebab itu, pastikan kalau perencanaan yang kamu buat sudah matang.

2. Pilih Desain Rumah Menggunakan Konsep Minimalis

Sumber: Pinterest

Rumah dengan konsep minimalis kini sedang naik daun dan menjadi pilihan yang paling digemari masyarakat umum di era milenial. Selain lebih praktis, konsep minimalis juga membuat pengeluaran sedikit dapat ditekan. Hal itu dikarenakan konsep seperti ini lebih mengutamakan sisi simpel dan fungsional, sehingga tidak terlalu ribet, sekaligus lebih hemat biaya. Menggunakan konsep ini adalah salah satu tips bangun rumah 50 juta, bahkan tips bangun rumah 25 juta bila diperhitungkan dengan cermat.

Kamu bisa mulai melakukan berbagai riset untuk menemukan konsep rumah minimalis sejak awal. Beberapa karaktersitik konsep minimalis seperti ini adalah detail dekorasi yang ditampilkan lebih sederhana, lebih mengutamakan fungsi dan bentuknya, serta interiornya cenderung berkarakteristik open plan. Tips bangun rumah hemat biaya ini termasuk yang paling mampu menekan jumlah pengeluaran. Menarik kan?

3. Lakukan Survei Material Sebelum Membeli

Foto: Pexels.com

Membangun rumah memang membutuhkan pertimbangan yang benar-benar matang dan baik. Salah satu hal paling penting dan juga menentukan besar budget yang akan kamu keluarkan adalah persoalan material. Maka dari itu, kamu sebaiknya melakukan survei material terlebih dahulu sebelum mulai membelinya. Menyurvei barang terlebih dahulu bisa membuatmu menyusun strategi membangun rumah bertahap.

Kamu bisa mendatangi toko bangunan satu per satu dan membandingkan harga lalu buat strategi. Strategi membangun rumah selanjutnya dengan mendiskusikan atau meminta saran dari para tukang bangunan. Mereka tentu cukup paham mengenai material yang berkualitas dan murah. Bahkan, tidak ada salahnya juga kamu menggunakan material lokal, dibanding produksi luar negeri.

4. Gunakan Strategi Pembangunan Rumah Secara Bertahap

Sumber: Pexels.com

Tips selanjutnya untuk menekan biaya pembangunan, yaitu kamu bisa mempertimbangkan mengenai strategi membangun rumah bertahap. Perlu kamu ketahui bahwa pembangunan rumah membutuhkan waktu yang relatif lama, entah itu rumah mewah atau sederhana. Kecuali kalau kamu sanggup mempekerjakan tukang bangunan lebih banyak. Akan tetapi, pembangunan secara bertahap juga tidak masalah kok, terutama bagi kamu yang ingin melakukan renovasi rumah dengan budget minimalis.



Tips bangun rumah secara bertahap adalah bangunlah rumah sedikit demi sedikit tergantung kondisi keuanganmu pada saat itu. Misalnya, untuk tahap pertama kamu membangun pondasi terlebih dahulu, baru kemudian dilanjut dengan pembangunan ruang lainnya. Dengan tips bangun rumah bertahap ini kamu tidak terlalu merasa tertekan dengan biaya yang dibutuhkan. Bahkan, kamu bisa menyiapkan dana, karena rentang waktu yang kamu miliki cukup panjang.

5. Terapkan Ruangan Multifungsi

Sumber: Yandex.com

Salah satu strategi membangun rumah yang dapat kamu lakukan agar tidak membuat kantong kering adalah membuat ruangan yang bersifat multifungsi. Alternatif ini masih sepaket dengan menggunakan desain minimalis yang mengutamakan aspek fungsi dan detail yang sederhana. tetapi faktanya langkah ini benar-benar sangat efektif untuk menekan budgetmu, lho!

Beberapa ide dalam penerapan ruang multifungsi adalah menyatukan antara ruang keluarga dan ruang tamu. Bisa juga dapur dan ruang makan yang disatukan. Dengan begitu bahan bangunan yang dibutuhkan lebih hemat, sehingga bisa menekan biaya renovasi rumah yang dikeluarkan. Kamu tinggal mengakalinya ketika mulai memasukkan furniture nantinya.

6. Tidak Masalah Dinding Belum Finishing

Sumber: Yandex.com

Sebenarnya kalau kamu pandai dalam mengelola ide dan desain rumah, hal tersebut bisa memberikan keuntungan juga lho! Misalnya kamu sudah kekurangan dana ketika sedang membangun rumah, tidak apa-apa membiarkan dinding begitu saja tanpa finishing, yaitu dengan cara didempul dan dicat. Alternatif ini bahkan bisa membuat rumahmu tampak lebih keren. Kamu tinggal mengelola dinding tanpa finishing tersebut agar terlihat lebih menarik dan aesthetic.

Lagipula saat ini sedang tren juga dinding hanya dengan semen polos serta batu bata tanpa semen yang menjadi gaya rustic ataupun industrial, lho. Ini juga merupakan strategi membangun rumah. Alih-alih kurang biaya tapi dapat tema yang sedang happening. Kamu bisa coba menghitung biaya yang dikeluarkan untuk memoles dinding dengan cat dibanding yang polos. Perbedaan harganya memiliki selisih yang cukup banyak. Setelah memiliki dana yang cukup, kamu bisa kok melanjutnya finishing-nya.

7. Lebih Selektif Dalam Memilih Tukang Bangunan

Sumber: Pexels.com

Kalau kamu ingin menekan biaya pembangunan rumah, maka sebaiknya hindari menggunakan jasa dari kontraktor. Lebih baik gunakan jasa tukang bangunan yang biayanya lebih murah dan terjangkau. Tetapi kamu harus lebih selektif dalam memilih tukang bangunan agar hasil kerjanya lebih memuaskan.


Jangan sampai terlalu menekan biaya, kamu justru mempekerjakan tukang bangunan yang kurang maksimal. Oleh sebab itu, cari tahulah terlebih dahulu tukang bangunan yang sudah memiliki reputasi baik. kalau perlu cari sebanyaknya, baru kemudian pertimbangkan dengan matang, barulah kamu memilih. Itulah tujuh tips bangun rumah yang tak bikin kantong kering. Kalau kamu ingin berbagi pengalaman saat membangun rumah, yuk share di komentar! Semoga bermanfaat.

, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *