Trik Menata Rumah Minimalis Agar Tampak Lebih Luas dan Lapang. Ikuti Yuk Caranya Disini

DekorInspira.com – Trik Menata Rumah Minimalis Agar Tampak Lebih Luas dan Lapang. Ikuti Yuk Caranya Disini

Memiliki rumah pribadi dengan desain karya sendiri merupakan impian bagi sebagian besar orang. Apalagi yang telah berkeluarga dan memiliki momongan. Kendalanya, tidak semua orang mau memulai dari nol untuk membangun rumah pribadi sesuai desain favoritnya. Bahkan, secara mayoritas lebih banyak orang memilih beli rumah minimalis yang sudah jadi. Alasannya, selain praktis, harganya pun juga terjangkau. Nah, salah satu kekurangan dari rumah minimalis adalah ruangan yang tergolong sempit sehingga harus mempertimbangkan berbagai cara untuk mengaturnya. Berikut adalah trik menata rumah minimalis yang bisa kamu ikuti agar terlihat lebih lapang dan luas. Yuk perhatikan ulasannya!

1. Pemilihan Warna Dinding Yang Cerah Adalah Cara Sederhana Membuat Ruangan Terlihat Lebih Luas

Tahukah kamu warna dinding sangat mempengaruhi nuansa yang dibangun dalam sebuah ruangan? Ya, sedikit saja kesalahan pemilihan warna bisa menyebabkan area yang luas terkesan jadi lebih sempit. Maka, pastikan untuk mempelajari trik menata rumah minimalis biar terlihat luas dengan mengaplikasikan warna dinding yang tepat. Ketahuilah, cat warna putih dan warna cerah lainnya sangat efektif untk membuat ruanganmu terlihat lebih luas. Tak hanya itu, menurut sebuah studi penelitian, warna cerah juga mempengaruhi mood pemilik rumah menjadi lebih riang, lho! Sebaliknya, pemilihan warna gelap hanya akan membuat kesan ruangan jadi lebih sempit.



Secara detail, warna cerah memiliki sifat memantulkan cahaya sehingga ruang terasa lebih lapang. Sebaliknya, pemilihan warna gelap sebagai cat dinding di rumah minimalis tidak memantulkan cahaya, melainkan menyerap cahaya yang diterimanya. Akibatnya, ruangan jadi terlihat lebih suram. Nah, sekarang kamu tinggal mengaplikasikannya deh di rumah minimalismu! Jangan lupa supaya lebih menarik, kamu bisa mengkombinasikan warna cat dinding putih dengan aksesoris rumah warna-warni untuk melengkapi suasana.

2. Pentingnya Memberikan Ruang Antara Furnitur Dengan Dinding

Kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang adalah menggeser furnitur mepet ke arah dinding. Anggapannya, hal itu bisa memberikan efek luas pada ruang sekitarnya. Padahal sebenarnya persepsi itu ternyata salah lho, guys! Justru menggeser beberapa furnitur rumah seperti sofa sedikit jauh dari dinding adalah trik yang tepat agar rumah minimalis terlihat lebih luas, bukan melakukan hal yang sebaliknya. Ketahuilah juga, dengan adanya bayangan di antara celah sofa dan dinding malah nantinya akan menciptakan ilusi ruangan tampak lebih luas dan besar. Coba ya triknya!

3. Ketahuilah Manfaat Hiasan Cermin Di Dinding Bagi Rumah Minimalismu

Pernahkah kamu melihat adanya cermin pada suatu tempat seperti kantor atau toko? Jika iya, kamu harus tahu fungsi peletakan cermin selain untuk berkaca adalah sebagai trik menata rumah minimalis supaya terlihat lebih luas. Efek itu diberikan oleh bayangan yang terlihat cermin dan kemudian memantulkannya ke seisi ruangan. Lalu, bagaimana aplikasinya pada sebuah rumah?



Nah, supaya lebin menarik dan indah, silakan gantung beberapa cermin ukuran sedang yang diletakkan di area dinding kosong secara bersebelahan. Berkreasilah untuk membuat bingkai cermin dengan warna yang menarik untuk mempercantik ruangan. Dengan paduan warna yang tepat, dijamin deh, ruanganmu bakalan terlihat lebih luas! Jangan lupa juga ya untuk melakukan hal yang sama pada ruangan yang lain.

4. Ruangan Sempit? Gunakan Saja Furnitur Yang Multifungsi! 

Kesalahan umum yang sering dilakukan orang terkait trik menata rumah minimalis adalah menggunakan furnitur yang berlebihan. Artinya, furnitur yang dibeli tidak memiliki fungsi maksimal bahkan malah tidak digunakan. Padahal, adanya barang yang tidak terpakai tersebut akan mengakibatkan ruangan jadi penuh sesak. Solusinya, mulailah selektif dalam memilih furnitur yang hendak dibeli dan usahakan selalu gunakan furnitur yang multifungsi.

Bila kamu ingin memiliki kamar tidur yang sedikit lebih luas, maka belilah tempat tidur yang dilengkapi dengan penyimpanan di bagian bawahnya atau menggunakan model tempat tidur bunkbed untuk kamar tidur anak yang bagian bawahnya sudah termasuk lemari pakaian. Adanya dua fungsi sekaligus dalam furnitur tersebut tentu akan menghemat area yang sudah sempit sekaligus hemat budget. Praktis, kan?

5. Menyamarkan Area Yang Sempit Dengan Menghilangkan Pintu Pembatas Ruangan

Di dalam sebuah rumah, terkadang fungsi pintu tidak hanya berada di depan teras, melainkan juga menjadi pembatas antara ruang satu dengan ruangan lainnya. Namun, tahukah kamu, adanya pintu yang banyak malah akan membuat kesan ruangan kian sempit? Nah, maka kamu juga harus bisa mengukur pintu mana saja yang benar-benar kamu butuhkan. Kalau bisa hilangkan pintu antar ruangan agar rumah minimalismu terkesan lebih luas.



Tentu harus dipertimbangkan dengan baik, pintu-pintu mana saja yang layak dihilangkan. Bila memang suatu ruangan tetap membutuhkan sebuah pintu, kamu bisa gunakan pembatas ruangan berupa pintu geser yang tidak memakan banyak ruang seperti model pintu konvensional. Terakhir, agar dekor interior rumah jadi tambah menarik, jangan lupa tambahkan aksesoris berupa bingkai foto atau lukisan yang menambah kesan artsy di ruangan.

Nah, itu di 5 trik menata rumah minimalis  biar terlihat lebih luas dan lapang. Jika ada tips lainnya yang pernah kamu lakukan untuk hunianmu, jangan lupa untuk share di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *