Menentukan Nilai Wajar Harga Sewa Properti. Ikuti Saja Langkah-Langkahnya Berikut Ini!

DekorInspira.com – Menentukan Nilai Wajar Harga Sewa Properti. Ikuti Saja Langkah-Langkahnya Berikut Ini!



Dalam melakukan investasi properti tentu kita juga mengharapkan keuntungan dari investasi properti tersebut. Salah satu cara mendapatkannya adalah dengan menyewakan properti sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan dari harga sewa yang sudah ditetapkan. Nah, bagi kamu yang baru pertama kali menyewakan properti dan masih bingung menentukan nilai wajar harga sewa properti yang kamu miliki, ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini ya, guys!

1. Menentukan Tingkat Kapitalisasi Atau Capital Rate Dari Properti Yang Kamu Miliki

Cara pertama menentukan nilai wajar harga sewa properti adalah menghitung  tingkat kapitalisasi atau cap rate dari properti tersebut. Sebagai pedoman, berikut adalah cap rate per tahun yang berlaku sesuai dengan jenis propertinya:

  • Lahan Kosong cap rate per tahunnya sekitar 0,5 sampai 2 %
  • Rumah cap rate per tahunnya sekitar 3 sampai 5 %
  • Ruko dan Rukan cap rate per tahunnya sekitar 6 sampai 9 %
  • Kios dan Toko cap rate per tahunnya sekitar 5 sampai 10 %
  • Apartemen dan Kondominium cap rate per tahunnya sekitar 7 sampai 12 %

Masing-masing nilai cap rate tersebut, dapat kamu kalikan dengan nilai beli properti maupun NJOP (Nilai Jual Objek Pajak). Perhitungan tentunya disesuaikan dengan jenis properti yang akan disewakan untuk mendapatkan angka nilai wajar harga sewa. Sebagai contoh, apabila seseorang ingin menyewakan rumahnya yang memiliki harga 5 milyar rupiah, maka dengan metode capital rate keluar hasil angka harga sewa properti tersebut yang berkisar 150 sampai 250 juta rupiah per tahun atau 12 juta sampai 20 juta rupiah per bulannya.

2. Melihat Harga Pasaran Properti Di Sekitarnya

Cara kedua untuk menentukan nilai wajar harga sewa properti adalah dengan melihat harga pasaran untuk sewa properti tersebut. Kamu bisa mencari tahu berapa harga pasaran untuk sewa properti yang kamu miliki tersebut dengan cara meriset harga properti di lingkungan sekitarmu. Pelajari kelebihan dan kekurangan dari properti tersebut dibandingkan dengan properti yang akan kamu sewakan karena ini juga mempengaruhi nilai harga sewanya. Kemudian, selain harga pasaran untuk sewa properti, hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah pangsa pasar, serta mengetahui bagaimana minat pasar di kawasan tersebut untuk menyewa properti.

3. Sesuaikan Harga Sewa Properti Dengan Fasilitas Yang Akan Diberikan

Ya, jika kita menambahkan berbagai fasilitas dalam properti yang disewakan, tentu juga kita bisa menaikkan harga sewa dari properti yang kamu miliki. Misalnya, jika kita menyewakan rumah atau apartemen dengan semi furnished atau  fully furnished tentu akan lebih tinggi nilai sewanya dibandingkan jika kita hanya menyewakan rumah tersebut saja tanpa ada fasilitas maupun furnitur di dalamnya. Maka, sebelum propertimu disewakan, ada baiknya pertimbangkan juga menambahkan fasilitas di dalam properti sewaanmu. Kemudian, jangan lupa perhitungkan biaya-biayanya supaya dapat menentukan berapa nilai wajar harga sewa properti tersebut.

4. Pertimbangkan Lokasi Dan Kondisi Sekitar Properti Tersebut

Lokasi menjadi faktor utama penentu harga sewa suatu properti. Semakin strategis lokasi tersebut dan semakin banyaknya fasilitas pendukung di sekitarnya, tentu saja dapat membuat harga sewa properti yang kamu miliki jadi semakin tinggi. Ketahuilah juga bahwa kondisi lingkungan di sekitar rumah atau properti juga dapat menentukan harga sewa properti lho, guys! Misalnya saja, jika akses jalan ke lokasi properti tersebut masih terbilang sulit atau juga lingkungan di sekitar rumah tersebut sering terjadi banjir, atau bahkan lingkungannya terlihat kumuh, tentu hal-hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan yang berpengaruh juga dalam menentukan harga sewa properti.

5. Perhatikan Biaya Perawatan Properti Dan Juga Biaya Lainnya

Perawatan properti tentu adalah suatu hal rutin yang perlu dilakukan. Misalnya, apabila kita mempunyai apartemen, tentu pengelola akan membebankan biaya maintenance setiap bulannya kepada pemilik apartemen. Atau jika kamu memiliki properti rumah dan terjadi kerusakan tentu kamu juga akan menyiapkan biaya untuk perbaikannya, bukan? Maka dari itu, biaya perawatan properti ini sebaiknya juga kita perhitungkan dalam menentukan harga sewa properti. Selain biaya perawatan, biaya lain yang perlu kita perhitungkan adalah biaya renovasi yang akan dilakukan sebelum rumah tersebut disewa. Biasanya hal ini dilakukan agar properti yang akan disewakan nantinya terasa lebih nyaman untuk ditempati si calon penyewa. Jadi, pertimbangkan juga untuk memasukkan biaya-biaya lain yang akan timbul supaya pendapatan sewamu imbang dengan pengeluarannya. Jangan sampai nantinya justru biaya yang keluar akan lebih besar dari pendapatan yang akan diterima dari sewa properti tersebut.

6. Tempatkanlah Dirimu Sebagai Pihak Yang Ingin Menyewa Properti

Setelah melakukan berbagai riset untuk menentukan harga sewa properti, sekarang tempatkanlah dirimu sebagai pihak yang ingin menyewa properti tersebut untuk menimbang apakah harga yang diberikan sesuai dengan fasilitas yang diperoleh oleh calon pemilik sewa. Pertimbangkanlah juga apakah kamu akan rela mengeluarkan uang sewa sesuai dengan harga yang sudah kamu tentukan untuk menyewa properti tersebut. Harga sewa juga harus sudah menyesuaikan dengan kondisi properti itu sekarang. Jika merasa sudah sesuai, maka harga sewa properti yang ditentukan tersebut sudah tepat. Artinya, kamu sudah siap memasarkan propertimu untuk disewa.



Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan nilai wajar harga sewa properti. Jika hal-hal ini kita bisa pertimbangkan dengan baik dan matang niscaya akan terhindar atau setidaknya dapat meminimalisir kerugian yang bisa timbul dari menyewakan properti di kemudian hari. Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah punya pengalaman sendiri atau masih bingung menyewakan propertimu? Yuk saling share di kolom komentar! Dan terakhir, jangan lupa ya follow media sosial DekorInspira.com di Instagram, Twitter, dan Fanpage ya bila menurutmu artikel ini bermanfaat!

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *