Memilih Warna Cat Sesuai Tipe Ruangan. Yuk Temukan Tipsnya Disini!

DekorInspira.com – Memilih Warna Cat Sesuai Tipe Ruangan. Yuk Temukan Tipsnya Disini!

Mendekorasi ulang dinding rumah adalah hal yang menyenangkan sekaligus menantang. Bagaimana tidak, dalam setiap ruangan yang ada di dalam rumah perlu memiliki penataan yang tepat, termasuk memilih warna cat dinding yang sesuai fungsi ruang.



Tahukah kamu bahwa secara tidak langsung, warna di dalam rumah, baik ruang tidur, dapur, ruang tamu, ruang keluarga, bahkan kamar mandi bisa mempengaruhi mood seseorang dalam beraktivifitas, lho. Maka, agar tidak salah menentukan warna yang cocok untuk tiap ruangan, kita harus memahami psikologi warna. Dengan begitu, tak hanya keindahan saja yang tampak di rumah, namun juga kenyamanan dan suasana hati yang baik untuk penghuninya.

Yuk simak cara menentukan warna yang tepat untuk setiap ruangan di rumah berdasarkan fungsinya berikut ini.

1. Ruang Tamu & Keluarga: Warna Hangat Membangun Kedekatan Keluarga

Keramahan dan sambutan hangat tentu akan membuat tamu merasa nyaman singgah ke dalam rumah. Untuk itu, pemilihan warna cat dinding yang tepat untuk membangun suasana tersebut di ruang tamu dan ruang keluarga adalah hal yang krusial. Oranye, coklat, merah, dan kuning adalah warna-warna hangat yang cocok diaplikasikan ke ruang tamu dan keluarga. Untuk membuatnya makin sempurna, buatlah sebuah campuran gradasi yang hangat.

Namun, perlu diperhatikan, hindari warna merah bold yang malah bisa membuat mata cepat terasa lelah. Lebih baik gunakan warna merah bold ini sebagai aksen di beberapa sudut ruang yang tidak begitu menonjol. Atau kamu bisa juga menjadikan warna merah tua maroon dan burgundy yang lebih gelap sebagai alternatif aksen di dalam ruang tamu. Warna lain yang harus dihindari untuk kedua ruang ini adalah putih dan abu-abu yang berlebihan, karena akan menimbulkan kesan kaku, dingin, berjarak, dan membosankan.

2. Dapur dan Ruang Makan: Gugah Selera Dengan Pemilihan Warna Terang Yang Tepat

Ketika datang ke sebuah restoran, kamu akan menemukan beberapa dari mereka menggunakan warna cerah seperti merah dan oranye sebagai warna utamanya. Warna ini dipilih bukan tanpa alasan. Menurut studi psikologis, kedua warna tersebut mampu memberikan peningkatan nafsu makan, lho! Maka dari itu, warna oranye dan merah sangat cocok untuk diaplikasikan ke dalam ruang dapur dan makan. Agar tampilan lebih ringan dan segar, padukan juga dengan warna putih ya!

3. Kamar Mandi: Warna Sejuk Sebagai Pilihan Terbaik

Turunan warna hijau dan biru seperti toska dan biru teal adalah pilihan warna yang tepat untuk memberikan kesan tenang, segar, dan sejuk di dalam kamar mandi. Agar tidak membosankan dan terlihat monoton, kombinasikan warna utama dengan warna putih untuk tampilan yang lebih bersih, luas, sekaligus modern. Bila ingin membangun kamar mandi ala bali yang menggabungkan gaya modern dan tradisional, kamu bisa menggabungkan warna hijau, coklat, dan putih sekaligus untuk membangun suasana yang dekat dengan alam.

4. Kamar Tidur: Istirahat Nyenyak Dengan Warna Yang Memberikan Efek Ketenangan Dan Kenyamanan

Lelah sepulang bekerja, kamu ingin merenggangkan badan yang terasa kaku. Kondisi seperti ini membutuhkan tempat istirahat yang tenang dan nyaman agar tubuh kembali segar. Agar kualitas tidur makin baik, mengaplikasikan warna hijau dan biru adalah pilihan yang tepat di kamar tidurmu. Namun, bila ingin kesan suasana yang lebih elegan di kamar tidur, kamu bisa gunakan warna ungu. Atau merah untuk suasana yang lebih romantis bagi kamu pengantin baru.



Itulah tips memilih kombinasi warna cat rumah ala DekorInspira.com. Bagaimana, apakah kamu sudah siap memilih dan membeli cat dinding yang tepat untuk diaplikasikan di setiap ruang rumahmu? Share di kolom komentar ya!

, , , , , , , , , , ,

1 thought on “Memilih Warna Cat Sesuai Tipe Ruangan. Yuk Temukan Tipsnya Disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *