Membeli Tanah Atau Rumah Jadi? Ketahui Dulu 7 Perbedaan Penting Ini Sebelum Memutuskannya!

DekorInspira.com – Membeli Tanah Atau Rumah Jadi? Ketahui Dulu 7 Perbedaan Penting Ini Sebelum Memutuskannya!



Investasi properti semakin diminati setiap harinya. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal yang juga terus meningkat. Ada yang memilih untuk melakukan investasi properti dengan cara membeli tanah, baru kemudian membangun rumah sesuai keinginan. Di sisi lain, ada juga memilih untuk membeli rumah jadi secara langsung. Namun, sebelum kamu memutuskan berinvestasi, baik untuk membeli tanah atau rumah jadi, ada baiknya perhatikan terlebih dahulu hal-hal krusial berikut ini agar keputusan yang diambil bisa lebih tepat. Simak yuk tipsnya!

1. Perbandingan Harga Saat Membeli Tanah Dan Rumah Jadi

Ini adalah salah satu faktor utama yang yang menjadi pertimbangan dalam berinvestasi properti. Pada dasarnya, apbila kamu membeli tanah saja, tentu harganya akan lebih murah dibandingkan jika membeli rumah jadi. Alasannya, karena jika kita membeli rumah jadi, berarti membeli tanahnya juga sehingga harganya menjadi mahal. Namun, apabila tanah tersebut nantinya kita akan gunakan juga untuk membangun rumah, ada baiknya juga kamu tidak lupa memperhitungkan biaya untuk pembangunannya. Apalagi jika kamu tinggal di kota besar dimana harga bangunan dan upah tukang bangunan yang juga melambung tinggi. Be smart property buyer!

2. Tingkat Kesiapan Properti Untuk Dihuni

Jika membeli rumah jadi, tentu rumah tersebut seharusnya sudah siap untuk dihuni. Sedangkan, apabila membeli tanah terlebih dahulu, tentu membutuhkan waktu untuk membangun rumah hingga rumah tersebut jadi dan siap untuk dihuni. Maka, seharusnya kamu benar-benar pertimbangkan dahulu seberapa mendesakkah kebutuhan properti yang diinvestasikan tersebut untuk dihuni. Jika kebutuhannya adalah untuk segera dihuni, tentu rumah jadi adalah pilihan yang terbaik. Namun, bila kebutuhannya tidak terlalu mendesak, membeli tanah untuk membangun rumah bisa juga dijadikan investasi yang tepat.

3. Tanyakan Dulu Kepada Dirimu Mengenai Kebutuhan Akan Kebebasan Mendesain Bangunan

Jika membeli tanah dan membangun rumah sendiri, tentu kamu bisa bebas berkreasi dalam mendesain rumah tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan dan juga sesuai budget yang ada. Sebaliknya, jika membeli rumah jadi, terutama dari pihak pengembang, kamu tidak bisa memiliki kebebasan dalam mendesain rumah tersebut karena desainnya sudah ditentukan oleh pihak developer. Biasanya pihak developer akan menetapkan satu desain rumah yang sama dalam suatu kompleks perumahan yang mereka bangun. Kalaupun ingin merombaknya, kamu harus membangunnya dari ulang. Artinya, perlu ekstra budget untuk itu. Jadi, pertimbangkan dengan baik ya!

4. Ketahui Proses Pengurusan Legalitas

Jika membeli tanah dan kemudian memutuskan untuk membangun rumah, kita harus terlebih dahulu mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan juga SPIPPT (Surat Izin Pengunjukan dan Penggunaan Tanah) sebelum membangun rumah. Selain membutuhkan waktu, proses ini juga beresiko menimbulkan biaya-biaya yang terselubung atau pungutan liar untuk melancarkan surat-surat tersebut. Itu untuk izin pembangunan rumah, kemudian untuk membeli tanah, kamu juga wajib memastikan legalitas sertifikat tanah yang kamu incar untuk menghindari sengketa di kemudian hari. Sebaliknya, hal-hal tersebut tidak akan terjadi apabila kamu memutuskan beli rumah jadi, terutama jika membeli dari pihak developer. Karena masalah legalitas tersebut tentu sudah menjadi tanggung jawab dan juga sudah diurus oleh pihak developer ketika mereka membangun rumah sehingga kamu tidak terlalu ribet dalam persoalan dokumen legalitas.

5. Penentuan Lokasi Mempengaruhi Budget Yang Harus Dikeluarkan 

Jika kamu memutuskan untuk membeli tanah dahulu, tentu kamu harus mencari lokasi tanah yang sesuai dengan keinginan dan juga budget kita. Dan karena tanah untuk hunian kini sudah sangat terbatas, tentu tak mudah untuk mendapatkan tanah di lokasi yang strategis. Kalaupun ada, pasti biayanya sudah melambung tinggi. Berbeda jika kamu langsung membeli rumah dari developer. Biasanya pihak developer, terutama yang kredibilitasnya sudah tinggi, tentu sebelum membangun rumah juga pasti mempertimbangkan lokasinya. Umumnya, lokasinya tersebut sudah cukup strategis dan juga banyak fasilitas-fasilitas penunjang, seperti sekolah, rumah ibadah, supermarket, gym center, dan tempat makan.

6. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Antara Beli Tanah Dan Rumah Jadi

Dengan membeli tanah dan membangun rumah sendiri, tentu kamu tidak akan terikat dengan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah sehingga tidak perlu berhutang ke Bank. Sedangkan, apabila kamu berencana membeli rumah jadi, terutama properti dari pihak developer, umumnya masyarakat cenderung memilih untuk mengajukan KPR kepada Bank sebagai sumber pendanaannya. Biasanya cicilan KPR tersebut bisa disesuaikan jangka waktunya, berkisar antara 5 sampai 20 tahun.

7. Kemampuan Untuk Mengontrol Kualitas Bangunan

Dengan membangun rumah sendiri, berarti kita juga memiliki kendali untuk menentukan segala aspek pembangnannya seperti kontraktor dan juga bahan bangunannya agar sesuai budget dan juga keinginan. Dengan kata lain, kamu juga menentukan seberapa baik kualitas rumah tersebut. Berbeda halnya jika kamu membeli langsung rumah jadi. Kamu tidak tahu bagaimana sebenarnya kualitas dari rumah tersebut karena kamu tidak ikut andil dalam pembangunanya dan langsung mendapatkan rumah tersebut ketika sudah jadi. Maka, ada baiknya kamu juga berkonsultasi dengan seseorang yang paham properti untuk mengetahui kualitas rumah yang terbaik yang akan kita bangun maupun kita beli agar tidak salah pilih.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dipikirkan dahulu sebelum memutuskan untuk membeli tanah atau langsung membeli rumah jadi. Dari penjabaran kali ini dapat disimpulkan bahwa apabila kamu memiliki fleksibilitas waktu untuk menghuni rumah tersebut dan juga memiliki keinginan untuk membangun rumah sesuai desain sendiri, pilihan membeli tanah, baru kemudian membangun rumah bisa jadi opsi yang tepat. Namun, bila kebutuhan untuk membeli rumah semakin mendesak dan juga tidak ingin direpotkan dengan beragam legalitas untuk membangun rumah, membeli rumah jadi bisa dijadikan pilihan. Sekarang, pilihan ada di kamu!



Bagaimana, kamu lebih pilih beli tanah dulu atau langsung beli rumah jadi? Atau punya pengalaman unik dan trik khusus saat memutuskan beli properti? Saling share yuk di kolom komentar! Jangan lupa juga untuk share artikel ini dan follow media sosial DekorInspira.com ya bila kamu merasa edukasi dalam artikel ini bermanfaat!

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *