Membangun Nuansa Liburan Di Rumah. Yuk Ikuti 5 Inspirasi Desain Interior Dengan Gaya Tropikal Ini!

DekorInspira.com – Membangun Nuansa Liburan Di Rumah. Yuk Ikuti 5 Inspirasi Desain Interior Dengan Gaya Tropikal Ini!

Memiliki rumah pribadi memang memberikan tantangan tersendiri bagi penghuninya. Terutama bila kamu ingin mendekorasi ulang desain interior di hunianmu dengan tampilan yang beda dan unik. Supaya rumah terlihat lebih menarik dan fresh, tak hanya desain saja yang perlu diperhatikan, kamu juga wajib menyesuaikan dengan dengan cuaca dan iklim di negara tempat kamu tinggal.



Nah, bila kamu menginginkan desain interior unik tanpa meninggalkan kesan estetis, serta aspek kenyamanan, coba saja gaya interior tropikal! Ini adalah salah satu desain interior yang kini digemari para kaum muda milenials dan tak pernah sepi peminat. Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia ini juga memungkinkan kamu mengaplikasikannya dengan mudah. Penasaran dengan inspirasi desain interior bergaya tropis bak nuansa liburan ini? Simak ulasan DekorInspira.com berikut ini!

1. The Sun House, Inspirasi Rumah Bergaya Tropis Modern di Singapura

Salah satu inspirasi rumah bergaya tropis ini bisa kamu lihat di Singapura, negara yang bertetangga dengan Indonesia. Namanya The Sun House karya dari Guz Architects. The Sun House ini dirancang dengan mengandalkan konsep ruangan yang terbuka di lingkungan tropis. Pada dasarnya, sentuhan ini hanya diterapkan pada bagian tertentu seperti halaman rumah untuk memaksimalkan nuansa tropis bak liburan dirumah.

Caranya, bangunlah kolam renang dengan ukuran yang cukup lebar. Kemudian, tanamlah beberapa tanaman hijau di beberapa sudut tempat dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Di dekat kolam renang tersebut, pastikan ada gazebo sekedar untuk menikmati pemandangan disekitarnya. Di tempat inilah, titik yang paling tepat untuk mewujudkan gaya tropikal. Dengan penggunaan kisi-kisi kayu pada gazebo kolam renang dan tanaman hias di atasnya, dijamin deh, spot tersebut bakalan jadi andalan saat mood-mu sedang memburuk.

2. Mengadopsi Pemandangan Eksotis Villa Mia di Koh Samui Thailand

Gaya tropikal yang ada di vila kontemporer Bali ternyata memberikan inspirasi tersendiri bagi pembangunan rumah bergaya serupa di Thailand. Misalnya seperti pemandangan tropis pada Villa Mia yang berada di Koh Samui Thailand. Villa ini memiliki konsep pendopo yang dibangun di tengah kolam. Bentuk pendoponya pun terbilang unik. Atapnya dikonsep sederhana dari susunan kayu dan rangka bangunan berwarna putih. Dengan alas terbuat dari keramik, menjadikannya terkesan modern bagi siapapun yang memandangnya. Bila kamu punya rumah di bali atau ingin membangun rumah dengan konsep bali di kota besar, kamu bisa mengaplikasikan desain ini.

3. Dominansi Warna Putih dan Tanaman Hijau Ala Word of Mouth Architecture di Bali

Selain rumah gaya tropikal di Singapura, ada juga inspirasi konsep tropikal serupa yang bisa kamu dapatkan dari villa kontemporer karya dari Word of Mouth Architecture di Bali. Jadi, pada dasarnya konsep rumah ini mengadaptasi nuansa tropis modern dengan beberapa ruangan tertentu yang terbuka. Tujuannya supaya ruangan tersebut mampu menangkap cahaya dan mendapatkan sirkulasi udara yang lancar. Villa ini juga memiliki kantilever yang cukup lebar guna meneduhkan bangunan. Dominasi warna putih pada seluruh bagian villa sangat membantu menonjolkan aksen lingkungan hijau lebih menarik.



Uniknya, aneka tanaman hijau tak hanya terletak di halaman villa lengkap dengan rerumputannya. Namun juga didesain supaya bisa tumbuh di lantai dua villa. Caranya, pilihlah jenis tanaman yang tidak memiliki akar kuat seperti palem-paleman biar tidak merusak atap villa. Nah, bisa ditiru nih buat kamu yang memburu inspirasi hunian dengan lingkungan asri dan penuh tanaman hijau.

4. Villa Tropis dan Modern Ala Paraty House Brazil

Selain pemandangan tropis dari tanah Bali dan Thailand, kamu juga bisa mendapatkan view gaya tropikal serupa di Brazil, tepatnya di wilayah dekat pinggiran pantai. Bangunan tersebut berjenis villa dengan model dua gubahan masa yang bertumpuk karena mengikuti kontur tanah dimana bangunan tersebut berada. Dengan ditambah kolam yang memanjang dan spot untuk berjemur, tentu saja ini bisa dijadikan inspirasi bagi desain rumah dengan kolam renang. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman hijau di sekitarnya. Mengaplikasikan model kantilever sebagai area peneduh yang cukup lebar akan semakin membuatmu nyaman dan aman.

5. MC1 House, Rumah Bergaya Tropis Modern di Costa Rica

Satu lagi inspirasi rumah gaya tropikal di Costa Rica karya dari arsitek Robles Arquitectos. MCI House adalah sebutan dari nama bangunan keren tersebut. Sebenarnya, rumah tropis modern ini mengusung konsep daur ulang sekaligus gaya industrial. Dengan batas antar ruang berupa rangka besi, kamu bisa melihat pemandangan alam sekitar yang terdiri dari pepohonan. Tambahkan pula dua sofa empuk beserta bantalnya dan karpet lantai di ruangan tersebut. Selain itu, ketahuilah juga bahwa pengaturan sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan akan semakin membuat rumahmu terasa makin sejuk. Jamin deh! Tempat ini bakalan jadi rumah yang nyaman bagi kamu yang menyukai suasana alam.



Nah, itu dia 5 inspirasi bangunan dengan desain interior gaya tropikal yang patut kamu pertimbangkan. Jika rumahmu sendiri sangat nyaman dan kental dengan suasana saat liburan, kamu tak perlu merogoh kocek untuk berlibur di tempat lain, bukan? Punya ide menarik lainnya atau ingin dipandu dalam membuat desain interior ala tropikal ini? Share ya di kolom komentar di bawah ini! 

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *