Mau Pakai Jasa Desain Interior? Perhatikan Dulu 5 Hal Krusial Berikut Ini! 

DekorInspira.com – Mau Pakai Jasa Desain Interior? Perhatikan Dulu 5 Hal Krusial Berikut Ini! 

Memiliki rumah dengan desain interior yang menarik sekaligus nyaman ditinggali merupakan impian bagi sebagian besar orang. Apalagi jika semuanya bisa dikerjakan sendiri. Selain menghemat pengeluaran, kamu pun bisa bebas menghias interior rumah sesuai selera. Masalahnya, tak semua orang punya bakat dalam bidang dekor interior rumah. Sehingga mau tak mau harus mulai mengalokasikan budget ekstra untuk memakai jasa desain interior dari perusahaan-perusahaan tertentu demi mencapai impian rumah dengan desain interior yang menawan.



Apa keunggulan dari jasa perusahaan interior? Ketahuilah, dengan kemampuan dan pengalaman yang lebih profesional di bidang arsitektur serta dekor interior rumah, provider jasa interior pastinya telah memiliki pengetahuan mendalam tentang seluk beluk pembagian desain rumah yang baik sesuai tata ruang. Bagi kamu yang sibuk, memakai jasa dekor interior akan menghemat waktumu. Sebagai langkah awal, kamu pun tak perlu risau dengan persoalan budget. Karena hal ini bisa diperbincangkan terlebih dahulu sebelum memakai jasa desain interior.

Nah, biar tidak salah pilih perusahaan jasa desain interior rumah, yuk simak hal krusial yang harus diperhatikan berikut ini!

1. Berapa Anggaran Yang Tersedia Untuk Kebutuhan Jasa Desain Interior Rumahmu?

Hal utama yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan dengan matang sebelum memakai jasa desain interior adalah mengenai anggaran yang diperlukan. Tak dipungkiri tiap provider pasti punya budget tertentu untuk bisa mewujudkan keinginan desainmu. Mengetahui anggaran yang kamu punya pun juga satu hal yang perlu dipertimbangkan pula. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu bersama keluarga kira-kira berapa rupiah yang akan dianggarkan untuk keperluan desain interior ini. Baru setelah itu, sesuaikan dengan anggaran atau budget dari penyedia jasa tersebut.

Lalu, bagaimana jika jasa yang sudah kamu pilih terlalu mahal atau di luar ekspektasimu? Jangan khawatir dulu, guys! Ada dua opsi yang bisa dilakukan. Opsi pertama, cari jasa desain interior lain. Sedangkan, opsi kedua, kamu bisa lakukan negosiasi dengan perusahaan jasa desain interior yang sudah kamu incar. Tanyakan kepada mereka, dengan budget yang kamu miliki, apakah bisa menghasilkan desain interior keren sesuai kesepakatan bersama. Usahakan untuk tidak terburu-buru dalam merekrut jasa desain interior yang akan kamu gunakan ya, guys!

2. Gaya Interior Rumah Seperti Apa Yang Kamu Sukai? Tentukan Dulu Desainnya Sebelum Memutuskan Pakai Jasa Desain Interior

Hal krusial kedua yang harus diperhatikan sebelum memakai jasa desain interior adalah pastikan kamu telah menyampaikan gaya desain yang diinginkan terlebih dulu. Ketahui bahwa setiap perusahaan pasti menyediakan sesi tanya jawab terkait model atau gaya interior rumah yang diinginkan konsumen.

Pada tahapan ini, jangan takut dan sungkan untuk menjabarkan dengan detail mengenai desain interior seperti apa yang kamu harapkan. Tentu saja jangan lupakan pertimbangan hal krusial lain seperti persoalan biaya yang sudah disebutkan pada poin pertama. Perhatikan pula penjelasan dari tenaga profesional dari perusahaan tersebut, dengan budget yang dimiliki, apakah desain yang diperoleh bisa sesuai dengan keinginanmu.

Jangan lupa untuk mengkomunikasikan dengan baik mengenai apa saja yang kamu harapkan dari penyedia jasa desain interior yang ingin kamu ajak kerjasama dalam proyek ini. Bila memang kurang sreg dengan hasil desainnya, jangan sungkan untuk negosiasi ulang atau cari provider jasa desain interior rumah lainnya sampai kamu menemukan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Lebih baik repot di awal daripada menyesal kemudian kan, guys?

3. Sesuaikan Fungsi Tiap Ruangan Dengan Gaya Desain Interior

Meski terbilang simpel, namun hal ini sering terlupakan oleh orang-orang yang hendak memakai jasa desain interior. Apakah kamu termasuk salah satunya? Maka, perhatikan dengan baik poin ke-3 ini. Sebelum menggunakan jasa desain interior rumah, akan lebih baik jika kamu mengenali dulu fungsi tiap ruangan beserta dengan desain yang akan kamu terapkan di ruangan itu.



Hal ini sangat penting dilakukan sejak awal sebelum memutuskan memakai jasa desain interior rumah supaya kamu tidak sia-sia telah mengeluarkan kocek mahal dalam mewujudkan rumah idamanmu. Misalnya, untuk ruang tamu, kamu bisa pilih desain yang tidak terlalu rame agar memberikan kesan modern yang rapi. Sebaliknya, untuk kumpul bersama keluarga, lebih baik cari desain interior dengan nuanasa hangat sehingga terasa homey. Jadi, jangan sampai salah pilih desain ya, guys!

4. Tanyakan Kepada Kerabat Dan Keluargamu Tentang Rekomendasi Penyedia Jasa Desain Interior Yang Terpercaya Dan Berpengalaman 

Jika pada akhirnya kamu masih bingung saat desain yang diinginkan tidak pernah sesuai harapanmu, maka tahapan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah meminta rekomendasi provider jasa interior rumah terpercaya dari kerabat dan keluargamu. Atau kamu juga bisa melakukan sedikit riset di internet dan mempelajari tiap profil dan layanan yang diberikan oleh perusahaan penyedia jasa desain interior di kotamu.

Bila sudah yakin dengan kualitas dan testimonial yang kamu temukan saat riset, kamu bisa mulai coba menghubungi mereka. Jangan lupakan pengecekan portofolio tiap perusahaan dan ketahuilah proyek apa saja yang pernah mereka lakukan. Hal ini juga sangat krusial supaya kamu memahami gaya desain interior apa saja yang dikuasai oleh perusahaan tersebut. Tentu saja, setiap perusahaan pasti punya gaya tersendiri yang menjadi ciri khasnya. Kuncinya, sabar dan jangan malas untuk riset ya, guys!

5. Perjelas Tugas dan Tanggungjawab dari Kedua Pihak yang Terlibat

Saat memakai jasa desain interior pastikan kamu paham dengan tugas dan tanggung jawab dari perusahaan penyedia jasa tersebut. Hal ini perlu diperhatikan karena menurut berbagai pengalaman yang pernah ada, selalu ada saja kejadian dimana layanan yang didapat dari jasa desain interior ternyata belum pas dengan harga yang sudah dibayarkan oleh pemilik rumah.

Maka, pemahaman yang baik mengenai tanggung jawab kedua belah pihak, yaitu pemilik rumah dengan provider perlu diketahui sejak awal. Bila perlu, buatlah perjanjian hitam diatas putih yang menjabarkan tugas dan tanggungjawab jasa penyedia desain interior yang kamu rekrut beserta jumlah biaya keseluruhan proyeknya.

Hal ini penting supaya kamu tak perlu repot dan kelabakan saat ternyata hasil pekerjaan tidak sesuai dengan perjanjian di awal. Atau bahkan, ada kasus dimana muncul tambahan dana di akhir proyek. Jadi, pastikan kedua belah pihak mengetahui batas-batas proyek, sehingga bila ada permintaan diluar tugas dari penyedia jasa bisa dikomunikasikan dengan baik.



Nah, itu dia 5 hal krusial yang tidak boleh kamu lewatkan satupun saat memakai jasa desain interior. Apakah kamu punya pengalaman menarik seputar penggunaan jasa desain interior untuk rumah atau apartemenmu? Share yuk di kolom komentar!

, , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *