Mau Beli Rumah? Kenali Dulu 6 Tipe Rumah Minimalis Ini!

DekorInspira.com – Mau Beli Rumah? Kenali Dulu 6 Tipe Rumah Minimalis Ini!

Memiliki rumah yang nyaman dan damai memang menjadi impian setiap orang. Selain menunjukkan pencapaian dalam hidup, rumah milik sendiri juga membuatmu lebih merasa tenang di hari tua karena selalu mempunyai tempat untuk kembali. Oleh karena itu, ketika memutuskan untuk membeli rumah, kamu harus memahaminya dengan benar terlebih dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari. Pilihan tipe rumah pun ada banyak, termasuk tipe rumah minimalis modern.


Saat ini, memang lebih banyak orang yang mengincar tipe rumah minimalis. Selain konsepnya yang terkesan lebih simpel dan praktis, rumah ini juga mudah didesain sesuai selera penghuninya, dan tentu saja biaya yang dibutuhkan untuk renovasi atau maintenance-nya juga tidak terlalu besar.  Rumah minimalis juga masih bisa dikembangkan sebagai rumah minimalis 1 lantai saja atau rumah minimalis 2 lantai lho! Tapi, sebelum memutuskan membeli rumah minimalis impianmu, yuk kenali dulu beberapa tipe rumah minimalis berikut!

1. Rumah Tipe 21

Sumber: Yandex.com

Rumah tipe 21 merupakan salah satu tipe rumah minimalis yang paling sering ditawarkan oleh agen penjualan rumah. Sesuai dengan namanya, rumah ini memiliki luas bangunan sebesar 21 meter persegi. Panjang dan lebar dari tipe ini fleksibel saja, yang penting luas totalnya yaitu 21 meter, misalnya 6 meter x 3,5 meter. Kalau kamu menginginkan hunian minimalis, tipe ini bisa menjadi alternatif yang paling sederhana.

Umumnya, di dalam satu bangunan terdapat satu kamar tidur yang muat hingga dua orang, ruang tamu yang berhubungan langsung dengan dapur, serta satu kamar mandi. Meski sangat sederhana tipe ini menjadi incaran banyak orang! Tipe 21 ini sangat cocok untukmu kalau masih tinggal sendiri dan membutuhkan rumah pribadi. Kalau kamu juga adalah pasangan baru menikah, pilihan ini juga sudah lebih dari cukup kok. Sederhana, tetapi nyaman dan praktis untuk dihuni. Selain itu, kamu juga nggak perlu risau soal biaya maintenance yang mahal.

2. Rumah Tipe 36

Sumber: Yandex.com

Tipe rumah minimalis sederhana yang selanjutnya dikenal dengan istilah tipe 36. Penamaan tipe rumah ini juga masih menerapkan prinsip yang sama dengan tipe rumah 21, yaitu bangunan memiliki luas 36 meter persegi. Sesuai dengan namanya, tipe rumah ini juga sedikit lebih besar dan luas dibanding tipe 21. Kalau tipe 21 hanya memiliki satu kamar, maka tipe 36 ini kamu bisa memiliki dua kamar tidur. Ukuran kamar tidurnya pun lebih luas dibanding tipe 21 tadi. Hunian tipe 21 ini juga dilengkapi ruang tamu, dapur, dan satu kamar mandi. Tipe 36 ini menjadi pilihan yang juga banyak diminati oleh pembeli rumah pertama. Bahkan, kalau kamu mengunjungi kompleks perumahan, kamu bisa membadingkannya dengan tipe lain.

3. Rumah Tipe 45

Sumber: Yandex.com

Sama dengan dua tipe sebelumnya, rumah tipe 45 memiliki bangunan seluas 45 meter persegi. Perbedaannya, hunian ini memiliki dua kamar tidur, ruang tamu dan ruang makan dipisah, dapur kecil di bagian belakang, kamar mandi, teras yang merangkap garasi, serta taman kecil yang terletak belakang rumah. Kalau kamu tidak menginginkan taman belakang, kamu bisa meminta untuk menjadikannya sebagai kamar tidur saja. Dengan begitu, kamar tidurnya berjumlah tiga kamar. Untuk mengembangkan rumah tipe 45 ini, kamu juga bisa mengintip cara membuat kamar tidur nyaman dengan budget sedikit. Tipe 45 ini sangat cocok buat kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak ya!

4. Rumah Tipe 54

Sumber: Yandex.com

Rumah tipe 54 adalah hunian yang sebenarnya sudah berada pada kelas menengah, karena termasuk unggul dari sisi luas bangunan. Pada umumnya, rumah dengan tipe 54 dibangun menjadi dua lantai. Pembagiannya di lantai dasar terdapat dua kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, kamar mandi, dan dapur. Sementara di lantai dua terdapat satu ruang tidur dan ekstra ruang tamu yang bisa kamu jadikan ruang keluarga. Meskipun begitu kamu tidak perlu khawatir, karena rumah tipe ini masih memiliki harga yang relatif terjangkau, kok. Tipe 54 ini juga menjadi alternatif yang baik untuk kamu berkeluarga dan memiliki anak yang sudah cukup dewasa untuk memiliki kamar sendiri.

5. Rumah Tipe 60

Sumber: Yandex.com

Tipe 60 masih tergolong ke dalam tipe rumah minimalis sederhana juga, walaupun ukurannya sudah cukup luas. Hunian tipe ini bisa jadi alternatif kalau kamu menginginkan rumah yang terkesan elegan, tetapi dengan harga yang terjangkau. Rumah seluas 60 meter persegi ini dibagi menjadi dua lantai, sehingga menjadi pilihan yang baik kalau kamu sudah berkeluarga. Hampir sama dengan rumah tipe 54, hanya saja rumah tipe 60 ini memiliki empat kamar dengan pembagian masing-masing dua kamar di setiap lantainya bila memang rumah tipe 60 yang akan dibeli berlantai dua. Kamar mandi yang dimiliki pun lebih banyak, yaitu berjumlah tiga, dan teras di bagian belakang rumah juga lebih luas, sehingga kamu dapat menjadikannya tempat bersantai.

6. Rumah Tipe Hook

Sumber: Yandex.com

Mungkin belum banyak yang mengenal tipe rumah hook, tetapi hunian tipe ini sedang naik daun, lho. Apalagi untuk orang-orang yang senang mengeksplorasi lebih jauh dari sisi desain. Keunikan mencolok dari rumah tipe hook adalah letaknya yang berada di sudut ujung ruas jalan atau dikenal dengan hook. Dengan begitu rumah memiliki dua sisi fasad yaitu di bagian  depan dan samping. Kalau kamu menginginkan rumah tipe seperti ini, sebaiknya pilihlah bangunan yang memiliki luas minimal 45 meter persegi. Karena ukuran tersebut akan membuatmu lebih leluasa dalam memaksimalkan desain minimalis pada hunian. Selain itu keunggalan dari rumah tipe hook adalah kemampuan untuk dibuat lebih menarik.


Itulah enam tipe rumah minimalis sederhana yang patut kamu kenali terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Bagaimana nih dengan kamu, apakah sudah tahu mau membeli tipe rumah yang mana? Yuk share di kolom komentar! Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk kamu yang berencana beli rumah!

, , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *