Ketahui Cara Memilih Cat Dinding Yang Tepat. Ikuti Langkah-Langkahnya Disini!

DekorInspira.com – Ketahui Cara Memilih Cat Dinding Yang Tepat. Ikuti Langkah-Langkahnya Disini!

Satu hal sederhana yang bisa dilakukan ketika bosan dengan warna dinding yang lama, adalah dengan mengecat ulang tembok agar kelihatan lebih rapi, bersih, serta bisa memberikan suasana baru. Namun, sebelum mewujudkannya, tentu kamu harus mengenal bagaimana memilih cat dinding yang tepat.

Yuk simak langkah-langkah dan informasi penting cara memilih cat tembok yang tepat berikut ini!

Bagaimana Cara Memilih Cat Dinding Yang Tepat?

A. Kenali Kebutuhan Jenis Cat Dinding Yang Diperlukan

Memilih cat dinding ternyata tidak boleh sembarangan. Karena karakteristik cat tembok eksterior (bagian luar rumah) dan cat tembok interior (bagian dalam rumah) berbeda. Inilah penjelasan mengenai ciri-ciri dan perbedaan cat interior dengan cat eksterior.

CAT DINDING INTERIOR CAT DINDING EKSTERIOR
  • Punya fungsi estetika dengan warna.
  • Tersedia pilihan cat dengan tekstur khusus.
  • Tidak mudah berjamur (bila diaplikasikan di area lembab).
  • Lapisan cat dan warna terlihat halus.
  • Mudah dibersihkan.
  • Tahan rembesan air.
  • Punya fungsi estetika sekaligus proteksi dari cuaca ekstrim.
  • Lebih tahan lama, anti jamur, dan tidak cepat mengelupas.
  • Sangat fleksibel terhadap perubahan suhu dan tempat lembab.
  • Dapat menutupi retak rambut di dinding.
  • Tidak mudah menggelembung.

Cat interior lebih mengutamakan untuk penggunaan aspek estetika dan tidak bisa diaplikasikan untuk dinding bagian luar rumah. Sedangkan, cat eksterior tak hanya bisa dimanfaatkan untuk area luar ruangan saja, namun juga bisa untuk bagian interior, walaupun biayanya akan menjadi lebih mahal.

Pastikan juga untuk memilih cat tanpa kandungan logam berat, seperti lead (Pb), cadmium (Cd), chromium (Cr), dan merkuri (Hg). Zat-zat ini sangat berbahaya ketika kita tak sengaja menghirup aroma cat di dalam rumah. Beberapa inovasi cat interior terkini juga memungkinkan cat tidak mudah terkelupas, lebih tahan rembesan air, memiliki daya rekat yang tinggi sehingga bisa menutupi retak rambut, bahkan ada juga yang sudah memiliki kandungan pengharum ruangan.



Sementara, Cat eksterior memiliki proteksi dinding yang tinggi terhadap sinar matahari, cuaca dingin, hujan, dan perubahan temperatur ekstrim. Dengan begitu, cat tidak mudah rusak dan mengelupas. Karena bila cat tidak memiliki proteksi yang bagus terhadap tembok, maka rembesan air yang tembus ke dinding bagian dalam akan bisa memunculkan flek dan jamur.

Cat tembok eksterior terbagi menjadi dua bahan dasar, yaitu air dan minyak. Secara umum, banyak yang menggunakan cat eksterior bahan dasar air karena lebih murah. Namun, cat eksterior dengan bahan baku minyak memiliki keunggulan bisa digunakan juga pada dinding interior, mudah dicuci dengan lap, dan tidak mudah keropos dengan ciri khas efek mengkilap. Biasanya, cocok digunakan di ruang bermain anak yang rentan kena noda. Sayangnya tipe berbahan dasar minyak ini masih dibanderol dengan harga mahal.

B. Menentukan Cat Tembok Yang Bagus Dan Berkualitas

Sudah dijelaskan bahwa cat yang mengandung logam berat seperti merkuri dan zat timbal sangat berbahaya bagi kesehatan. Disebutkan oleh World Health Organization (WHO), paparan merkuri terhadap manusia akan berkontribusi besar pada meningkatnya penyakit gangguan pernapasan, kerusakan pembuluh darah, turunnya kecerdasan otak anak, kanker, alzheimer, gangguan saraf, dan penyakit jantung.

Untuk mengetahui apakah kandungan kimia dalam suatu produk baik atau buruk, ukur saja kadar Kandungan Senyawa Organiknya (Volatile Organic Compound/VOC). Senyawa yang berbentuk gas ini dapat dipancarkan melalui bahan cair dan padat. Apabila Kandungan Senyawa Organiknya melebihi ambang batas, maka cat tembok tersebut menjadi zat perusak kesehatan.

Cara paling mudah untuk mengetahui tingginya kadar VOC adalah bau menyengat yang muncul ketika dinding baru selesai dicat. Bau ini biasanya tidak hilang setelah lapisan cat mengering. Perlu diketahui juga bahwa konsentrasi VOC bisa meningkat dua hingga lima kali lipat bila diaplikasikan di dalam ruangan dibandingkan bila pengecatan dilakukan di luar ruangan.



Untuk mengurangi resiko buruk tersebut, maka pilihlah cat berkualitas pasti dibuat dari bahan berkualitas tanpa kandungan logam berat dan merkuri. Harganya memang lebih mahal. Tapi kualitas seperti kehalusan, kelenturan lapisan cat, dan kemudahan aplikasi cat di tembok pun akan lebih terjaga.

Memilih cat interior berkualitas juga harus teliti. Setiap produk cat pasti memilih variasi warna beragam dan indah, namun tidak semua produk mampu membuat warnanya bertahan lama. Semuanya tergantung dari kualitas cat tersebut. Kualitas tinggi atau rendah dari suatu cat interior ditentukan bahan resin yang digunakan sebagai komponen dasar campuran pembuat produk cat. Produk cat dengan kualitas bahan resin terbaik menghasilkan daya sebar dan daya tutup yang merata sehingga bisa melekat sempurna di tembok dan warna tidak mudah pudar.

Selain itu, bahan resin terbaik yang dikandung oleh cat interior akan memberikan perlindungan ekstra pada dinding rumah sehingga jamur dan lumut tak mudah tumbuh. Sedangkan, produk cat kualitas rendah akan sulit melekat dan menutupi lapisan warna cat sebelumnya sehingga pengecatan harus dilakukan berulang kali dan biaya yang dikeluarkan menjadi lebih boros.

Bagaimana Cara Menemukan Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Tepat?

Setelah mengenali kebutuhan jenis cat dinding dan menemukan cat tembok yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah menentukan kombinasi warna cat rumah. Warna yang tepat akan membuatmu merasa nyaman saat beraktifitas ataupun beristirahat bersama keluarga. Perlu diketahui juga bahwa setiap pilihan warna cat bisa mempengaruhi psikologis, suasana hati, dan kondisi kesehatan penghuni rumah, lho! Berikut ini langkah-langkah untuk tentukan kombinasi warna cat rumah yang tepat.

1. Ketahui Tata Pewarnaan. 

Tiap warna memiliki sistem tata pewarnaan, karakteristik, serta arti dan nuansa yang berbeda. Mengetahui hal ini akan membantumu untuk memilih warna sesuai selera dan tema dekorasi di rumah.

2. Memperbanyak Referensi Warna

Ada banyak referensi desain tentang penggunaan warna cat tembok yang bisa kamu temukan di pinterestmajalah, galeri, dan tabloid. Kemudian, setelah mengamatinya, lakukan modifikasi sesuai dengan dekorasi rumah impianmu.

3. Tetap Berorientasi Pada Fungsi Ruangan

Ruang keluarga dan Ruang tempat tidur tentu memiliki fungsi dan karakternya masing-masing. Memilih cat yang tepat untuk tiap ruangan tentu saja akan membantu memperkuat fungsi dan karakter yang ingin ditonjolkan dari tiap ruangan. Contoh, bila ingin desain interior dengan tema modern clean, cat warna putih adalah warna tepat untuk mewakilinya.

4. Tentukan Warna Favorit

Setelah melakukan ketiga langkah sebelumnya, kamu juga sebaiknya memahami warna apa saja yang jadi favoritmu. Jejerkan delapan sampel cat untuk menentukan manakah warna terbaik. Masukkan juga aspek harga sebagai pertimbangan.

5. Jeli Saat Membeli Cat Tembok

Ada perbedaan ketika melihat warna cat dengan pencahayaan toko dengan pencahayaan alami. Beberapa warna juga akan terlihat berbeda ketika dicetak di atas kertas sampel. Jadi, lebih baik langsung melihat warna cat yang berada di dalam kaleng.



, , , , , , , ,

1 thought on “Ketahui Cara Memilih Cat Dinding Yang Tepat. Ikuti Langkah-Langkahnya Disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *