Kasur Bebas Tungau Dan Bau, Ini 5 Tips Membersihkan Kasur

DekorInspira.com – Kasur Bebas Tungau Dan Bau, Ini 5 Tips Membersihkan Kasur

Sebagai tempat beristirahat yang selalu rutin digunakan, kasur memang sangat rentan untuk terserang tungau dan bau tak sedap. Kondisi seperti ini bila kamu membiarkannya begitu saja, malah dapat menjadi bumerang dan mengganggu kondisi tubuhmu, lho. Beberapa penyakit kulit salah satu penyebabnya adalah kasur yang tidak terawat dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus memperhatikan kebersihan kasur agar terbebas dari tungau dan bau. Meskipun begitu, membersihkan kasur tidaklah semudah mencuci pakaian, jadi pahamilah strateginya dengan baik. Bahkan, cara mencuci kasur spring bed dengan cara membersihkan kasur latex pun berbeda. Tapi secara garis besar, cobalah memahami tips membersihkan kasur berikut ini.



1. Cari Tahu Sumber Kotoran Dan Segera Bersihkan, Jangan Ditunda-Tunda

Sumber: Yandex.com

Fungsi dari kasur memang tidak hanya sekadar untuk tidur, melainkan berbagai aktivitas seperti bersantai, nonton, hingga membaca juga kerap dilakukan di atas kasur. Malah, tidak jarang juga orang yang beraktivitas sambil makan atau minum di atas tempat tidurnya. Nah, kondisi ini sebenarnya yang tanpa disadari menjadi salah satu pemicu timbulnya noda di kasur lho.

Jika tidak segera diatasi, justru kebiasaan seperti ini malah bisa menyebabkan berkembangnya tungau, kutu busuk, bakteri, hingga virus yang bisa menyebarkan gatal-gatal dan alergi. Bila dibiarkan saja, kemungkinan besar, kualitas tidurmu malah akan menjadi kurang nyaman. Apalagi tungau dan sekawannya itu tidak kasat mata, sehingga sulit untuk dipastikan.

Oleh sebab itu, tips paling sederhana mengenai cara membersihkan kasur dari tungau yaitu dengan mencari tahu sumber kotoran dan segera membersihkannya setelah ditemukan. Caranya mudah saja, kamu cukup mengeluarkan sprei dan selimut dari kasur. Setelah itu, amati dengan baik kondisi kasur, kalau ketemu langsung bersihkan noda tersebut dengan semptoran air, kemudian dikeringkan.

2. Berikan Baking Soda Pada Area Kasur

Sumber: Yandex.com

Baking soda dikenal sangat ampuh dalam mengusir bau dan menghilangkan noda, baik itu di sofa, karpet, hingga kasur. Bila sudah menggunakan baking soda, kamu pun tak perlu membersihkan kasur dengan cairan pembersih spring bed.  Kamu hanya perlu melanjutkan langkah ini bila telah menemukan noda membandel pada kasur. Cara membersihkan spring bed dengan baking soda simpel sekali, yaitu dengan menaburkan sebanyak mungkin baking soda pada seluruh permukaan kasur, terutama bagian yang bernoda.



Kalau kamu ingin kasur yang terasa lebih wangi, kamu bisa memberikan aroma berupa lima tetes minyak esensial favoritmu. Minyak esensial tersebut sebaiknya kamu campurkan ke dalam baking soda terlebih dahulu, baru kemudian di taburkan di atas permukaan kasur. Tips jitu untuk membuat baking soda menyebar secara rata, yaitu denngan memasukkannya ke dalam ayakan, baru ditaburkan di kasur. Biarkan baking soda tersebut paling minimal selama 30 menit, lebih baik beberapa jam kalau ada waktu. Faktanya, baking soda ini mampu menghancurkan asam, menyerap cairan, dan juga menyerap bau lho.

3. Cucilah Sprei, Selimut, Bantal, dan Guling Secara Rutin

Sumber: Pexels.com/Burst

Tungau dan bau yang menempel di kasur juga biasanya berawal dari sprei, selimut, guling, atau bantal yang kotor. Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan keempat benda tersebut dalam kondisi yang bersih. Caranya, yaitu dengan rutin mencucinya dan agar hasilnya lebih maksimal, cucilah menggunakan air panas. Air panas dipercaya mampu membunuh tungau dan bakteri yang menempel. Dan jangan lupa menambahkan detergen untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Setelah itu, segera jemur semuanya di bawah terik matahari, karena panas yang dipancarkan juga menambah efektif proses menghilangkan kuman. Pastikan kamu menjemurnya sampai benar-benar kering. Karena tungau menyukai lingkungan lembab dan kondisi lembab juga sangat rentan menimbulkan bau tidak sedap. Jangan lupa untuk mencuci peralatan tidur tersebut secara rutin, minimal sebulan sekali ya kalau ingin waktu istirahatmu terasa lebih maksimal!

4. Gunakan Penyedot Debu Ketika Membersihkan Kasur

Sumber: Yandex.com

Selain mencuci sprei dan selimut, kamu juga wajib memastikan kasur dalam kondisi yang benar-benar bersih. Biasanya hal ini bisa dilakukan dengan menjemur kasur, apalagi kalau kasurnya sudah lembab dan harus segera dikeringkan. Tetapi kalau kamu merasa kesulitan untuk melakukan hal tersebut, ada kok cara mengeringkan kasur tanpa dijemur. Cara tanpa menjemur tersebut adalah menggunakan alat penyedot debu.

Sebelum melakukannya kamu bisa membuka jendela terlebih dahulu agar udara kamar menjadi lebih segar. Selanjutnya mulailah membersihkan kasur hingga ke celah-celahnya menggunakan penyedot debu. Cara ini cukup efektif untuk menyedot tungau dan berbagai kotoran yang menempel pada kasur serta membuat kasur terhindar dari bau yang sangat mengganggu. Mudah sekali bukan? Menggunakan penyedot debu juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau apek di kasur.

5. Sering-Seringlah Menjemur dan Menata Kasur

Sumber: Pixabay.com/Jay Mantri

Cara membersihkan kasur dari tungau selanjutnya adalah dengan sering menjemur kasur. Meskipun sebelumnya sudah ada tips yaitu dengan menggunakan penyedot debu, tetapi menjemur kasur di bawah terik matahari juga lebih efektif, karena pancaran panas yang dihasilkan oleh matahari. Kalau kamu merasa kesulitan, menganginkan kasur juga sudah cukup lumayan, kok. Ini juga bisa termasuk salah satu cara menghilangkan bau apek di kasur agar waktu istirahatmu menjadi lebih nyaman dan maksimal.

Ketika menganginkan kasur langkah yang kamu lakukan yaitu cukup dengan membuka jendela kamar. Dengan begitu angin segar akan leluasa untuk masuk ke dalam kamar dan membantu membunuh bakteri serta menghilangkan bau. Sangat mudah sekali. Selain itu, yang perlu kamu lakukan adalah sering menata tempat tidur. Caranya juga mudah saja, yaitu dengan memutar kasur sebanyak 180 derajat. Hal ini akan membuat kasur digunakan secara merata. Sebaiknya aktifitas ini dilakukan setiap 3 sampai 6 bulan sekali secara rutin.




Nah, itulah lima tips membersihkan kasur dari tungau dan bau yang wajib kamu coba. Selain itu pastikan untuk segera membersihkan tempat tidur setelah bangun pagi. Apakah kamu punya tips sendiri untuk membersihkan kasur spring bed? Yuk ceritakan pengalaman kamu di komentar! Semoga tips ini bermanfaat!

, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *