Ingin Mengubah Dekor Rumah? Kenali Dulu 10 Tema Home Decor Populer Berikut Ini!

DekorInspira.com – Ingin Mengubah Dekor Rumah? Kenali Dulu 10 Tema Home Decor Populer Berikut Ini!

Ketika berencana mengubah dekorasi rumah, biasanya seseorang akan kebingungan memilih tema home decor yang sesuai. Beberapa tema terlihat membutuhkan banyak aksesoris dan kebutuhan renovasi yang banyak. Sementara, bujet yang ada cukup terbatas untuk bisa memiliki rumah dengan dekor impian.


Untungnya, tidak semua tema harus dipilih. Kamu bisa mengambil sebuah tema home decor dan memilih beberapa aksesoris penunjang yang menggambarkan tema yang ingin kamu bangun di rumah atau apartemenmu. Berikut ide dan gaya dekorasi rumah populer yang bisa dicontek untuk membuat rumahmu mencerminkan kepribadian dan gaya personal kamu. Check this out!

1. Gaya Dekorasi Tradisional: Perbanyak Warna Natural Dan Aksesoris Simpel Yang Nggak Bikin Ribet

Dekorasi tradisional ini mengikuti kiblat desain ala Perancis dan Inggris di abad ke-18. Gunakan warna kalem yang alami, seperti peach, pastel, dan hijau muda untuk menunjang gaya dekorasi tradisional di rumahmu. Kemudian, tambahkan aksesoris seperti lukisan minyak, set kain, dan ukiran kayu dengan pengaturan tatanan yang simetri.

2. Mid-Century Modern, Gaya Dekorasi Simpel Dan Minimalis

Desain mid-century modern memiliki detail yang simpel dan minimalis. Material seperti plastik, alumunium, dan kayu adalah kombinasi yang tepat untuk gaya mid-century modern. Inspirasi gaya dekor ini berasal dari Space Age dan Desain Modernist. Pengaplikasian warna orange dan hijau zaitun akan menjadi paduan yang cocok untuk memberikan sedikit sentuhan kontras diantara sebagaian besar warna netral dalam gaya dekor mid-century modern. 

3. Gaya Dekorasi Industrial: Fokus Pada Elemen Baja, Kayu, Dan Bata

Konsep desain minimalism semakin ditajamkan dalam gaya dekor industrial ini. Memang, ada sedikit inspirasi desain yang diambil dari gaya dekor mid-century modern. Bedanya, industrial lebih menekankan detail teknis dari suatu dekorasi industri sebagai elemen desain. Contohnya, seperti elemen bata dan baja yang terbuka. Malah terkadang, gaya dekor ala industrial ini juga menampilkan aksen kayu mentah dan tembaga. Sudut kasar dan bold juga merupakan bagian dari tema industrial yang mengingatkan kita dari pengaturan pabrik di tahun 1900-an.

4. Bohemian, Gaya Dekor Yang Kaya Warna Dan Detail

Terinspirasi dari desain hippie dan maroko, gaya dekorasi bohemian ini menampilkan sentuhan warna yang beragam, detail kain yang luar biasa, model sulaman yang rumit, serta menggunakan banyak pola sekaligus. Sebagai penunjang dekorasi bohemian, kamu bisa memasang kanopi yang tebal, tempat tidur yang rendah, macramé, ottoman, serta bantal dan guling yang banyak. Jangan lupa tambahkan tanaman dan bunga sebagai sentuhan akhir untuk gaya dekor bohemian yang kamu impikan.

5. Gaya Dekor Coastal/Cottage Untuk Pecinta Suasana Pantai

Menggabungkan tema pantai dan bungalow, gaya dekor coastal ini menggunakan warna biru laut, putih, dan netral sebagai fokus utamanya. Tambahkan kerang, tikar goni, dan tali sebagai aksesorisnya. Motif garis-garis yang besar juga dan barang-barang dengan material kayu lapuk juga sangat populer untuk melengkapi gaya dekor dengan tema pantai ini.

6. Zen/Asian, Inspirasi Dekor Dari Kawasan Asia Yang Menggabungkan Warna Kalem Dengan Warna Cerah

Mengambil inspirasi dari Cina, Jepang, Vietnam, dan negara Asia kebanyakan, Dekorasi Zen/Asia memiliki ciri khas clean lines dan dekorasi yang minimal, dengan aksen yang kaya warna dan tekstur. Palet warna yang cocok untuk gaya desain Asia adalah yang berasal dari alam, seperti abu-abu muda, krim, dan cokelat.



Tambahkan juga fitur alam seperti bambu dan air memberikan sentuhan suasana outdoor dalam gaya dekor asia. Kemudian, untuk mengimbangi warna alam yang kalem, gunakan warna-warna yang berani, seperti merah terang, merah muda lembut, dan ungu. Kamu juga bisa menciptakan kesan bold dalam ruangan dengan menggunakan warna metalik seperti emas di dalam ruangan bergaya asia. Terakhir, jangan lupakan keseimbangan antara warna, tekstur, dan ukuran untuk mendapatkan gaya dekor asia yang sempurna!

7. Gaya Dekor Contemporary: Hilangkan Aksen Rumit Dalam Ruangan

Gaya ini mengandalkan warna-warna netral dengan sedikit (atau bahkan tidak ada) hiasan yang rumit pada furnitur yang digunakan. Penggunaan fabric yang ringan seperti sutra dan katun sangat cocok untuk dekor ala contemporaryTerutama, bila disandingkan dengan material kayu dan logam keras, yang menjadi ciri utama gaya desain kontemporer. Penggunaan clean lines dalam tema dekorasi ini juga untuk menggantikan model ruffles dan perhiasan lain yang memiliki detail rumit. Agar lebih menonjol, munculkan warna-warna bold di beberapa potongan aksen atau bantal sehingga mempertajam kesan homey.

8. Vintage/Shabby Chic, Utamakan Warna Pastel Yang Manis

Dalam gaya dekor vintage/shabby chic, kamu akan bisa melihat perabotan yang terlihat usang menjadi fokus utamanya. Kemudian, jadikan bahan-bahan seperti kain goni dan renda sebagai aksen pelengkap dalam desain ala vintage shabby chic. Untuk pilihan palet warna, gunakan saja warna-warna pastel yang ringan sebagai signature color. Kamu juga bisa menggunakan kembali beberapa material yang sudah usang sebagai aksesoris yang melengkapi tema shabby chic.

9. Gaya Rustic/Country: Gunakan Aksen Kayu Untuk Suasana Interior Yang Hangat

Dekor ala rustic seringkali disebut juga sebagai country decor yang terpengaruh dari budaya hispanik. Untuk mulai mengaplikasikan desain interior rustic, gunakan aksen kayu dengan sudut yang tajam dan serat yang menonjol. Aksesoris dengan bahan kulit, kulit sapi, dan kain flanel kotak-kotak adalah item yang tepat untuk melengkapi gaya rustic. Palet warna yang dipakai adalah yang berwarna alami, namun cenderung gelap seperti warna daun pinus.

10. Eclectic, Menciptakan Keseimbangan Di Dalam Ruangan Dengan Warna Cerah

Dekorasi interior ecletic secara sekilas terlihat seperti menggabungkan beberapa gaya dekor menjadi satu. Namun, sebenarnya fokus dari gaya dekor ekletik ini adalah menggunakan potongan-potongan yang memiliki warna serupa untuk digabungkan dalam satu ruangan sehingga menjadi kelihatan cheerful dan unik. Ide lain yang bisa kamu kembangkan bila ingin menggunakan dekorasi ala ekletik ini adalah menciptakan keseimbangan diantara barang-barang yang kamu miliki. Misalnya, memasangkan kursi besar dengan lampu yang ramping dan tipis.

Kesimpulan

Ada banyak pilihan gaya desain interior untuk menghias rumah. Dengan melihat artikel DekorInspira.com ini, mungkin saja kamu menemukan ide-ide baru dan lebih memahami gaya dekor seperti apa yang kamu sukai untuk agenda renovasi rumahmu selanjutnya. Kamu pun bisa memilih desain interior sesuai dengan karakter dan kepribadianmu.



Manakah gaya interior dekor rumah yang menarik buatmu? Share di kolom komentar ya!

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

1 thought on “Ingin Mengubah Dekor Rumah? Kenali Dulu 10 Tema Home Decor Populer Berikut Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *