Ingin Bikin Taman Mungil Di Rumah? Tengok Dulu 5 Inspirasi Desain Taman Sederhana untuk Hunian Minimalis Berikut Ini!

DekorInspira.com – Ingin Bikin Taman Mungil Di Rumah? Tengok Dulu 5 Inspirasi Desain Taman Sederhana untuk Hunian Minimalis Berikut Ini!

Tak hanya soal kenyamanan, estetika hunian rumah pun juga harus diperhatikan. Dengan begitu, maka penghuninya pun merasa semakin betah tinggal di dalamnya. Tantangan memenuhi kedua aspek tersebut juga akan makin terasa pada desain rumah minimalis yang kini banyak dibangun di lahan-lahan sempit, seperti di areal perkotaan.



Diperlukan sedikit kreatifitas agar ruang dengan ukuran yang sempit dan dekorasi yang minim bisa terlihat menarik. Tentu saja hal ini juga berlaku saat mendekorasi taman di halaman depan dan teras rumah. Tapi, bagaimana jika belum punya idenya? Jangan khawatir, kali ini DekorInspira.com memberikan 5 inspirasi taman sederhana yang bisa kamu bangun di rumah minimalis berikut ini! Yuk simak!

1. Sore Santai Sambil Menikmati Pemandangan Hijau Di Taman Minimalis Area Balkon

Masalah utama yang sering dialami penghuni rumah minimalis adalah ruang yang terbatas. Jadi, apabila hendak membangun taman, tentunya harus mempertimbangkan banyak hal. Namun, bukan berarti kamu harus membatalkan mimpimu untuk mewujudkan desain taman sederhana yang indah di rumah mungilmu. Salah satu cara mengatasi tantangan tersebut adalah dengan memanfaatkan area balkon lantai atasmu. Ya, khusus cara ini ditujukan bagi kamu yang memiliki rumah minimalis berlantai 2 atau yang tinggal di apartemen.

Desain taman sederhana untuk hunian minimalis area balkon ini mengambil konsep semi outdoor alias luar ruangan yang tetap memanfaatkan area beratap. Jadi, ruang yang dibutuhkan tidak tergolong luas. Tipsnya, carilah tanaman yang tidak terlalu besar dan juga tinggi. Disarankan untuk memilih tanaman hias yang berada dalam pot. Setelah itu, kamu bisa atur peletakan pot-pot tersebut pada sudut-sudut tertentu, di area railing balkon, atau bisa juga tertempel di dinding seperti yang ada di contoh gambar.

Tambahkan pula tanaman hias yang menggantung pada ujung atap biar tampak lebih asri. Jika perlu, gantilah lantai rumahmu dengan jenis lantai kayu. Dijamin, sore harimu bakal lebih sempurna berada pada taman minimalis tersebut! Ingatlah, kunci utama desain taman mungil yang menarik adalah yang terlihat simpel namun sekaligus elegan. Tidak perlu lakukan pengaturan yang terlalu ribet, namun juga tidak perlu takut untuk menggabungkan beberapa gaya desain taman mungil sekaligus untuk menciptakan taman yang asri.

2. Manfaatkan Sebagian Teras Rumahmu untuk Membuat Taman Minimalis

Perhatikan kembali sudut-sudut kosong di rumahmu. Biasanya, ada ruang di tiap rumah minimalis yang tersisa, seperti di bagian halaman depan atau di bagian lorong rumahmu. Agar tidak nampak kosong, manfaatkan saja sedikit ruang tersebut sebagai taman sederhana untuk hunian minimalis. Lantas, bagaimana caranya biar lahan tersebut bisa disulap jadi taman yang indah? Jangan khawatir, solusinya ternyata cukup mudah lho, guys!

Kuncinya, buatlah seolah-olah lahan tersebut menyatu dengan teras atau lorong kosong yang ada di rumahmu. Jangan menjadikannya sebagai lahan yang terpisah. Contoh, kamu bisa saja memanfaatkan sudut area rumah menjadi satu dengan taman dan meletakkan tanaman-tanaman kecil di sekelilingnya.

Atau dengan cara menyamakan material yang digunakan pada kedua area tersebut, seperti meletakkan bebatuan alam sebagai pembatasnya. Dengan begitu, kesan ruangan yang berbeda akan terlihat samar dan lebih alami. Solusi terakhir, pilihlah tanaman pot yang berjenis sama antara taman dengan ruang kosong yang ada sehingga taman minimalis yang kamu ciptakan terlihat lebih elegan.

3. Perpaduan Kolam dengan Taman Minimalis Untuk Suasana Yang Segar

Selain taman minimalis di sudut ruangan, kamu juga bisa gunakan teknik lain berupa perpaduan kolam dengan taman. Tahukah kamu adanya unsur air dalam taman sangat efektif untuk menambah kesejukan, lho. Jika perlu tambahkan air mancur agar tampak lebih eksotis untuk menciptakan taman bergaya asian. Bayangkan, di sore hari saat di akhir pekan kamu menikmati suasana taman yang asri dengan alunan gemericik air dari air mancur yang memberikan kedamaian dan kesejukan. Menyenangkan, bukan?



Untuk menciptakan taman sederhana pada hunian minimalis yang dipadu dengan kolam tidak sulit kok! Tambahkan saja beberapa pot kecil, tanaman perdu dengan perpaduan warna indah, atau rerumputan yang menutupi sebagian permukaan taman sebagai hiasan di sekitar kolam. Dengan begitu, taman mungil impianmu akan memberikan suasana yang rindang sekaligus sejuk. Kamu pun bisa menambahkan beragam ikan hias seperti koi untuk memberikan suasana yang lebih hidup di tamanmu.

4. Ide Taman Minimalis Kering Dipadu dengan Batu Koral Menarik Juga Lho!

Taman memang merupakan bagian rumah yang memberikan efek sejuk tersendiri bagi penghuninya. Namun, jangan lupakan bahwa taman terdiri dari makhluk hidup berupa tanaman dan hewan, jika terdapat kombinasi kolam di dalamnya. Pastikan harus selalu rutin untuk merawatnya dengan cara memberi makan ikan-ikan yang berada di dalam kolam, serta menyirami dan juga memberinya pupuk secara berkala ya, guys! Dengan begitu, keindahan taman yang sudah kamu buat akan selalu terjaga dan terawat dengan baik.

Lalu, bagaimana jika kamu termasuk orang yang sibuk dengan urusan kerja sampai tak punya waktu untuk mengurusnya? Nah, untuk menyiasatinya, buatlah taman dengan model desain taman kering yang memanfaatkan bebatuan koral. Agar tampak lebih indah, kamu bisa menyusun beberapa jenis dan ukuran batu koral. Kemudian tambahkan tanaman kering seperti kaktus sebagai point of interest utama di dalam taman rumahmu. Voila! Taman kering nggak kalah menarik juga, kan guys?

5. Memanfaatkan Taman Minimalis Dengan Area yang Lapang Untuk Menanam Hidroponik

Tidak semua rumah minimalis memiliki area halaman yang lapang. Namun, bagi yang beruntung mungkin bisa saja menemukan satu atau dua rumah minimalis yang dilengkapi dengan halaman depan yang luas. Ketahuilah, rumah minimalis yang memiliki halaman depan lebih luas memungkinkan kamu sebagai pemilik rumah untuk mendesain taman sederhana yang menarik dengan area berkreasi yang lebih luas.

Mau menggunakan gabungan batu koral, kolam ikan, sekaligus area duduk yang sejuk pun bisa dilakukan. Bahkan, kamu bisa menanam tanaman hidroponik disitu yang hasil tanamannya bisa digunakan untuk bumbu dapur atau sayur mayur! Selain memberikan pemandangan hijau, manfaat lainnya kamu bisa mengkonsumsi hasilnya secara langsung. Sesuaikan saja dengan seleramu. Seru kan, guys?



Nah, itu dia 5 ide taman sederhana untuk hunian minimalis yang bisa kamu aplikasikan sekarang juga. Mana yang jadi desain taman favoritmu? Atau kamu sudah punya ide sendiri tentang taman mungil yang kamu inginkan? Yuk saling sharing di kolom komentar di bawah ini ya, guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *