Catat! Ketahui 9 Hal Krusial Berikut Ini Sebelum Membeli Hunian Idaman Pertama Kalinya!

DekorInspira.com – Catat! Ketahui 9 Hal Krusial Berikut Ini Sebelum Membeli Hunian Idaman Pertama Kalinya!

Rumah adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk membeli hunian idaman untuk pertama kalinya. Terlebih jika sudah berkeluarga, kebutuhan untuk memiliki hunian pun semakin besar. Bagi kamu yang baru pertama kali membeli rumah, berikut adalah beberapa hal krusial yang perlu diketahui sebelum membeli hunian idaman pertama kalinya agar tidak terjadi kesalahan saat memilih dan melakukan pembelian properti. Simak yuk penjabarannya!



1. Pertimbangkan Tujuan Jangka Panjang Untuk Membeli Hunian

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika membeli hunian untuk pertama kalinya adalah tujuan jangka panjangnya. Sebaiknya, rumah tersebut kita beli dengan tujuan ditempati dihuni, terlebih jika ini adalah hunian yang pertama kali dibeli dan dibayar dengan cara mencicil. Sebaliknya, apabila memang tujuan jangka panjangmu ingin membeli rumah untuk investasi, sebaiknya dibeli secara tunai agar mengurangi kerugian yang timbul di masa datang dan biasanya harganya juga lebih murah bila membeli rumah secara tunai dibandingkan dengan cara mencicil.

2. Pilihlah Lokasi Yang Sesuai 

Lokasi merupakan salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan ketika membeli hunian. Memang, semakin strategis suatu lokasi maka akan semakin mahal juga harga propertinya. Terlebih jika area di sekitar hunian tersebut ditunjang fasilitas yang lengkap. Namun, jika terpaksa harus membeli rumah di daerah pinggiran karena terbatasnya dana, sebaiknya kamu juga memperhatikan apakah lokasi hunian tersebut juga mempunyai fasilitas penjunjang sesuai kebutuhan kita. Karena akan sayang sekali jika membeli rumah namun lokasinya benar-benar tidak strategis sehingga malah nantinya akan mengeluarkan ekstra budget untuk mencapai fasilitas yang kamu butuhkan, yang artinya membuat pengeluaran bulananmu tambah membengkak.

3. Pilihlah Tipe Rumah Yang Dibutuhkan

Setiap orang pasti sudah punya rumah impian seperti apa yang akan mereka tempati nantinya. Namun, tekadang impian itupun harus dibatasi dengan realita budget yang ada. Maka, dalam memilih rumah pikirkan terlebih dahulu rumah seperti apa yang akan benar-benar dibutuhkan kamu nantinya. Tentukan berapa luas, jumlah ruangan, dan tipe desain interior apa yang tepat dan sesuai dengan budget kamu. Dan yang paling penting juga adalah jangan lupa pertimbangkan aspek keamanan dan kenyamanan rumah tersebut jika nantinya akan kamu huni untuk tempat tinggal tetap.

4. Lakukan Survey Dan Belilah Rumah Di Pameran Properti

Jika ingin membandingkan harga dari beberapa properti sebelum memutuskan untuk membeli hunian idaman pertama kalinya, ada baiknya mengunjungi pameran properti. Disana kita akan menemukan banyak pilihan properti yang menyediakan berbagai kebutuhan dan fasilitas beragam. Selain bisa berkonsultasi dengan agen properti, di pameran tersebut biasanya para developer juga pasti akan menawarkan berbagai diskon dan penawaran khusus lainnya kepada calon pembeli, sehingga kita bisa membeli properti tersebut dengan harga yang lebih murah.

5. Pilih Pengembang Yang Sudah Mempunyai Reputasi Yang Baik

Jika membeli rumah dari pihak developer atau pengembang, maka sebaiknya perhatikan terlebih dahulu reputasi pengembang tersebut. Jangan mudah terbuai dengan tawaran rumah dengan harga yang murah dan strategis, terlebih jika pengembang tersebut belum jelas track record-nya. Kamu bisa mengetahui reputasi pengembang tersebut dengan melihat dan melakukan sedikit riset mengenai ragam properti yang telah dibangun oleh mereka sebelumnya. Jika bermasalah, ada baiknya kita jangan memilih pengembang tersebut dan mencari properti yang lain.

6. Konsultasi Dengan Agen Properti Terpercaya

Jika masih bingung dalam membeli hunian, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan agen properti untuk mendapatkan hunian sesuai yang kamu inginkan. Selain itu, biasanya agen properti yang sudah lebih paham mengenai bidang properti ini nantinya juga bisa membantu kamu menegosiasikan harga, serta mendampingi kamu saat proses pembelian hingga pengajuan KPR untuk pembelian rumah. Sama seperti halnya pengembang, pilihlah agen properti yang mempunyai reputasi baik dan jarang mendapat komplain dari pembeli sebelumnya. Kamu bisa menanyakan rekomendasi dari teman, keluarga, atau kolega yang sudah pernah melakukan transaksi jual beli properti sebagai referensi.

7. Waspadai Biaya Lainnya Yang Akan Timbul

Tentu pastinya jika membeli rumah akan ada biaya-biaya lainnya yang timbul diluar harga rumah tersebut. Biaya tersebut misalnya PPN, BPHTB, AJB, Biaya Notaris, dan juga Biaya Lainnya yang jika ditotal bisa mencapai 20% harga rumah. Biaya-biaya yang muncul saat transaksi jual beli rumah ini biasanya diluar dari harga rumah yang dicantumkan, Maka, kamu juga wajib teliti dalam memperhatikan biaya-biaya tambahan dalam membeli rumah ini.

8. Perhatikan Kondisi Rumah Dengan Lebih Teliti

Dalam memilih hunian hal utama yang harus diperhatikan juga adalah kenyamanannya. Maka, sebelum membeli rumah perhatikan beberapa ruangan yang penting di rumah tersebut seperti dapur dan kamar mandi apakah dalam kondisi yang baik. Sirkulasi udara dan pencahayaan di rumah tersebut juga sebaiknya diperhatikan karena ini akan sangat penting bagi kesehatan penghuni rumah. Nggak mau kan tinggal di rumah dengan sirkulasi udara yang buruk sehingga terasa sumpek di dalamnya? Pastikan bahwa sirkulasi udara dan juga cahaya matahari harus cukup masuk ke dalam rumah. Kemudian, aspek lain yang patut diperhatikan dengan detail adalah mengenai instalasi air dan listrik karena juga merupakan salah satu kebutuhan yang penting. Aliran air dan juga listrik harus cukup mengalir ke ruangan yang diperlukan. Sebaiknya, jangan pernah mau menerima unit rumah jika rumah tersebut belum dipasang listrik ya, guys!

 9. Perhatikan Juga Lingkungan Sekitarnya

Lingkungan yang kondusif juga harus diperhatikan dalam membeli rumah demi keamanan dan juga kenyamanan ketika rumah tersebut dihuni nantinya. Selain itu, bagi pasangan yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, lingkungan yang kondusif ini akan membantu meningkatkan tumbuh kembang anak baik secara fisik maupun psikologis. Maka, sebelum membeli rumah perhatikan dengan seksama apakah lingkungan tersebut mendukung untuk keamanan dan kenyamanan ketika rumah itu nanti kamu huni bersama keluarga. Perhatikan juga untuk memilih lingkungan yang asri dan juga hijau sehingga terasa sejuk dan nyaman untuk berjalan atau jogging ke sekitar kompleks.

Demikianlah 9 hal krusial sebelum membeli hunian idaman pertama kalinya. Kesimpulannya, hal terpenting yang harus dipastikan dalam membeli rumah yang pasti adalah keamanan dan kenyamanannya, terlebih jika kamu membeli rumah untuk dihuni sendiri nantinya. Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli hunian idaman untuk pertama kalinya adalah juga legalitasnya. Pasti kamu tidak mau tersangkut masalah di kemudian harinya, kan? Jadi, jangan terburu-buru dan mudah tergiur ketika mendapatkan penawaran rumah dengan harga murah. Pastikan dengan baik dan cermati dahulu sebelum membeli, ya!



Punya pengalaman menarik yang bisa dibagikan saat membeli hunian idaman pertama kalinya? Share yuk di kolom komentar! Dan jangan lupa follow media sosial DekorInspira.com di Twitter, Instagram, dan Fanpage ya bila kamu merasa bacaan ini bermanfaat untuk kamu! 

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *