Bosan Dengan Suasana Ruangan Tamu Yang Lama? Ini 5 Cara Menyulap Ruang Tamu Agar Terlihat Lebih Modern!

DekorInspira.com – Bosan Dengan Suasana Ruangan Tamu Yang Lama? Ini 5 Cara Menyulap Ruang Tamu Agar Terlihat Lebih Modern!

Sebagai salah satu jantung aktivitas di dalam sebuah hunian, keberadaan ruang tamu yang rapi, dengan dekorasi interior indah, serta perabotan yang fungsional, menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Dengan begitu, quality time bersama teman-teman, keluarga, dan tamu yang datang bisa dibangun lebih hangat. Ketahuilah juga, salah satu ciri dari konsep ruang tamu yang berhasil adalah mampu membuat para tamu betah dan enggan beranjak pulang. Setuju dong, guys?



Terlepas dari tema ruang tamu tersebut, ada kalanya bosan melanda terhadap suasana ruangan tamu yang lama sehingga terlintas ide untuk mengubahnya jadi ruang tamu yang lebih terlihat modern. Ada banyak cara, tips, dan trik yang dilakukan supaya ruang tamu seketika bisa terlihat modern tanpa harus mengeluarkan banyak budget tambahan untuk melakukan renovasi. Penasaran bagaimana menyiasatinya? Yuk simak 5 cara menyulap ruang tamu agar tampak lebih modern tanpa mengeluarkan biaya yang besar berikut ini!

1. Bereksperimen Dengan Aksesoris Ruang Tamu

Salah satu contoh penerapan ruang tamu modern sebagai perubahan dari ruang tamu lamamu adalah dengan mengubah beberapa aksesoris di dalam ruang tamu, misalnya mengganti sarung bantal polos dengan sarung bantal bermotif atau warna-warni hangat. Tentu saja kamu bebas mengubah dekorasi interiornya biar terkesan lebih hidup namun juga nyaman sesuai dengan personality-mu.

Ingat ya, guys! Penentuan warna aksesoris ini tidak boleh sembarangan. Setiap pilihan warna bisa membangkitkan mood sesuai tema ruangan di rumah, lho. Pilihan warna yang hangat disebutkan tadi contohnya, bisa membangkitkan suasana homey di ruang tamu. Kamu juga bisa mengganti cat dinding dengan warna kalem favoritmu untuk desain ruang tamu modern yang kamu impikan. Hindari pilih warna yang tidak mencolok mata, ya!

2. Menambahkan Tanaman Hijau Di Sudut Ruang Tamu Agar Tampak Lebih Segar

Konsep ruang tamu modern kali ini yaitu dibuat pada ruangan yang berdinding kaca. Dengan kata lain, tamu disuguh oleh pemandangan luar ruangan yang menarik dan membuat hati jadi nyaman. Tak lupa furnitur sofa, meja, dan televisi juga disiapkan dan ditata pada sudut-sudut yang pas.

Adanya televisi ini menunjukkan bahwa ruang tamu tersebut bisa difungsikan sebagai ruang keluarga. Jadi, selain modern juga minimalis serta multifungsi. Biar lebih sejuk, letakkan tanaman dalam pot pada sudut ruanganmu. Praktis bukan? Tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya, ruang tamu lamamu pun terlihat baru kembali!

3. Memperbaiki Lighting Area di Ruang Tamu

Perlu diketahui, salah satu ciri ruang tamu modern sekarang ini adalah lebih mengutamakan efek cahaya pada sudut tertentu. Untuk memudahkanmu, tentukan terlebih dulu bagian mana yang hendak kamu berikan lighting spot sebagai pusat perhatian utama di ruang tamu yang ingin diperbarui. Misalnya, di pojokan ruang tamu di bagian depan kursi tamu dekat dinding atau di atas sofa. Sesuaikan dengan suasana yang ingin dibangun.



Tak perlu khawatir mengenai furnitur apabila memang ruangannya tak terlalu luas. Cukup gunakan satu sofa, satu kursi, dua buah meja, lampu di pojokan, dan lampu dibagian depan kursi dekat dinding. Memakai furnitur yang lama pun juga tak jadi masalah, kamu bisa mengganti beberapa aksesoris ruang tamu agar terlihat baru. Jangan lupa letakkan vas bunga di atas meja agar kesan elegan nampak di ruang tamu modern-mu. Voila! Seketika ruang tamu lama telah berubah lebih modern!

4. Rombak Warna Sofa Di Ruang Tamu Agar Tampak Lebih Baru

Konsep ruangan ini dikhususkan bagi kamu yang tinggal di apartemen. Ya, tinggal apartemen memang dituntut untuk lebih kreatif dalam mengelola ruang-ruang yang sempit dan saling berdekatan satu sama lain. Banyak orang khawatir dan merasa ragu untuk mendesain ruang tamu modern di apartemennya. Namun, bukan berarti tidak bisa lho, guys!

Kamu bisa kok tentukan ruangan yang lebih luas untuk dijadikan ruang tamu, misalnya saja didekat kamar tidur. Letakkan satu sofa besar berwarna netral (seperti abu-abu, coklat, hitam) dan juga meja kecil untuk menjamu tamu yang datang ke apartemenmu. Biar lebih menarik mata, gantungkan beberapa hiasan di atau ruangan tersebut. Simpel, tapi kelihatan modern dan rapi!

5. Tampilkan Pajangan Unik Untuk Membangun Suasana Ruang Tamu Modern

Setelah memahami konsep ruang tamu modern yang memanfaatkan pencahayaan, kini mari pelajari konsep ruang tamu lain yang tak kalah kece yaitu bergaya kontemporer. Apa sih maksud dari gaya tersebut? Ya, pada intinya, komtemporer banyak menonjolkan pajangan berupa foto atau lukisan di dinding. Tentu jenis pajangan yang dipilih pun harus yang unik. Misalnya, lukisan motif atau abstrak dengan paduan warna yang eksotis.

Nantinya, pajangan dinding ini harus diletakkan pada satu bagian tertentu dengan tatanan yang teratur. Ketahuilah juga bahwa jenis ruang tamu modern konsep kontemporer ini juga masih menggunakan dua lampu berwarna kuning di samping kanan dan kiri sofa. Hasilnya, akan terbangun suasana hangat yang cocok di ruang tamu barumu. Lengkapi ruang tamu itu dengan sofa yang sangat empuk dan nyaman. Dijamin deh, para tamu bakalan lebih betah dan enggan untuk beranjak pulang!



Nah, itu dia 5 cara menyulap ruang tamu lamamu jadi ruang tamu modern. Menarik, bukan? Yuk mulai aplikasikan ke ruang tamu lamamu! Jika ada konsep lain yang terpikirkan untuk area ruang tamu, jangan lupa untuk saling share di kolom komentar ya!

, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *