Agar Si Kecil Nyaman Beristirahat, Lakukan 5 Hal Penting Ini Sebelum Mulai Menata Kamar Tidur Anak

DekorInspira.com – Agar Si Kecil Nyaman Beristirahat, Lakukan 5 Hal Penting Ini Sebelum Mulai Menata Kamar Tidur Anak

Memiliki keluarga kecil yang bahagia dan hunian pribadi yang nyaman merupakan impian bagi setiap pasangan. Apalagi jika sudah memiliki momongan. Rasanya makin berkali-kali lipat rasa syukurnya. Nah, tentu sebagai orang tua muncul keinginan untuk memberikan fasilitas terbaik bagi anak-anaknya. Termasuk soal penyediaan kamar khusus untuk sang buah hati sebagai ruang privasinya.



Realitanya, sebagai keluarga baru dengan hunian minimalis, area yang dijadikan kamar anak tidak terlalu luas sehingga ruang gerak menjadi terbatas. Apalagi bila sang buah hati gemar bergerak aktif sehingga akan banyak perabot kamar yang menyebar berantakan. Tapi, tidak perlu khawatir ya! Biar tetap rapi dan tertata, DekorInspira.com akan membagikan ide cerdas cara menata kamar tidur anak agar si kecil tetap merasa tetap nyaman beristirahat di dalamnya. Perhatikan yuk ulasannya!

1. Bunk Bed, Cara Praktis Menghemat Ruang Di Kamar Tidur Anak

Perlu kamu ketahui, di dalam kamar anak-anak, hal yang biasanya memakan banyak ruang adalah perabot ranjang atau tempat tidur. Lalu, bagaimana jadinya bila hanya ada satu ruangan untuk dua buah hati kesayangan? Pastinya, tidak mungkin menggunakan dua tempat tidur yang malah membuat ruangan terasa makin sempit, kan? Solusinya, cara menata kamar tidur anak dengan kendala seperti ini adalah menggunakan ranjang tipe bunk bed yang kuat dan aman. Apa itu bunk bed? Bayangkan ranjang susun yang biasa ada di hotel atau penginapan. Selain praktis, tipe ranjang ini juga menghemat banyak ruang ke samping.

Pertimbangan utama saat membeli bunk bed ini adalah kualitas perabot haruslah kuat dan juga dilengkapi dengan kasur yang berkualitas. Selain itu, pastikan juga anak yang menempati kasur paling atas sudah cukup umur untuk memastikan keamanan si anak. Jika perlu, pilihlah bunk bed yang tidak terlalu tinggi. Hal ini penting biar sirkulasi udara tetap lancar dan anak-anak bisa tidur dengan nyenyak. Terakhir, berikan arahan dan nasihat yang baik pada anak untuk selalu berhati-hati saat tidur di bunk bed terutama di posisi atas karena sangat berbahaya jika ceroboh.

2. Manfaatkan Tiap Sudut Kosong Sebagai Tempat Penyimpanan Barang Agar Kamar Tidur Anak Jadi Lebih Rapi 

Meskipun masih anak-anak, nyatanya mereka memiliki lebih banyak mainan dan perabot yang harus disimpan ketimbang kita. Ya, mulai dari pakaian anak, mainan, dan peralatan sekolah. Belum lagi jika jumlah penghuni kamar ada lebih dari satu anak. Maka, harus diperhatikan lagi cara menata kamar tidur anak yang baik dan benar biar memberikan kesan nyaman. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan tiap sudut kamar sebagai tempat storage atau penyimpanan.

Gunakan area kosong di belakang pintu masuk kamar sebagai gantungan baju. Kemudian, bila ingin lebih kreatif, kamu bisa membuat lemari penyimpanan tersendiri di bagian samping meja belajar dan bunk bed. Dengan begitu, akan tersisa ruangan kosong yang lebih luas. Berikan sliding toy box khusus untuk menyimpan mainan anak sebagai cara menata kamar tidur anak yang efektif dan memudahkan dalam pencariannya.

3. Gunakan Perabot yang Multifungsi, Hemat Ruang Sekaligus Hemat Budget

Menata kamar tidur anak dengan ruang yang sempit biar terlihat rapi memang merupakan tantangan tersendiri. Harus dipertimbangkan perabot apa saja yang boleh digunakan dan tidak disarankan. Nah, biar menghemat tempat, pastikan untuk memilih perabot yang multifungsi untuk mengisi kamar anak. Misalnya saja saat pemilihan bunk bed, harus disertai laci untuk menambah tempat storage barang anak-anak biar lebih rapi. Apalagi sekarang ini sudah ada desain bunk bed yang disertai meja belajar sehingga selain menghemat ruang juga budget, bukan?

4. Hindari Ornamen Kamar Tidur yang Tematik, Fokus Pada Kreasi Warna Sprei Atau Gorden

Setiap orangtua pasti ingin anaknya merasa nyaman ketika beristirahat di kamar sehingga mengupayakan berbagai cara untuk menata kamar tidur anak agar tampak rapi dan menarik, seperti menghiasi dinding kamar dengan dekorasi. Contoh, jika anak yang menempati kamar adalah perempuan, maka dekorasi dinding yang tepat adalah istana negeri dongeng. Sedangkan, apabila yang menempati anak laki-laki, dekorasinya bisa bertema otomotif.

Memang, cara tersebut sangat menarik bagi anak-anak. Tapi, tidak disarankan jika penghuni di dalam kamar tersebut ada lebih dari 1 anak karena akan memberikan kesan sempit akibat ruang yang terbatas. Lebih baik tetap gunakan focal paint agar dinding tetap polos, sedangkan unsur dekorasi bisa digunakan pada sprei atau gorden dalam kamar.

5. Kreatif Mengkombinasikan Dua Warna untuk Mewakili Karakter Masing-Masing Anak

Dua anak yang tidur dalam satu kamar tentu merupakan hal yang istimewa. Apalagi jika kedua anak tersebut sangat tidak akur. Ketahuilah, salah satu cara mengatasi dua anak dengan karakter yang berbeda tersebut adalah menyatukannya melalui warna dinding.

Warna dinding ini juga bisa berfungsi untuk memisahkan area personal anak. Misalnya, pada bagian dinding yang tidak terisi bunk bed, isilah dengan kombinasi warna yang berbeda. Pemilihan warna yang tepat bisa kamu jadikan cara untuk menata kamar tidur anak biar lebih rapi. Usahakan kombinasinya pas dan tidak mencolok salah satunya.



Nah, itu dia 5 hal yang perlu kamu perhatikan lebih dulu sebelum menata kamar tidur anak biar lebih rapi terutama saat ditempati lebih dari satu anak. Sudahkah kamu menerapkannya? Atau kamu punya pengalaman menarik saat menata kamar tidur anak? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar!

, , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *