9 Keuntungan Beli Rumah Secara KPR. Sudah Tahu Belum?

DekorInspira.com – 9 Keuntungan Beli Rumah Secara KPR. Sudah Tahu Belum?



Di tengah kebutuhan masyarakat akan perumahan yang semakin meningkat setiap harinya, banyak orang terutama di kalangan menengah ke bawah yang memilih fasilitas KPR atau Kredit Pemilikan Rumah sebagai solusi pembiayaan untuk kepemilikan rumah. Pihak bank pun berlomba-lomba memberikan fasilitas KPR dengan bunga dan cicilan yang kompetitif kepada para nasabahnya. Nah, tapi kamu tahu nggak sih sebenarnya apa saja manfaat membeli rumah melalui fasilitas KPR tersebut? Mari yuk kita bahas manfaatnya lebih detail berikut ini!

1. Kepastian Legalitas Dan Hak Milik Rumah

Setelah melakukan akad kredit KPR, sertifikat rumah tersebut akan segera masuk ke dalam proses balik nama sehingga bisa menjadi bukti legalitas kepemilikan rumah dari orang yang mengajukan KPR. Namun, sertifikat tersebut tetap disimpan pihak bank untuk dijadikan jaminan fasilitas kredit KPR. Berbagai legalitas pengurusan akta untuk kepemilikan rumah pun tak perlu diragukan dan merepotkan kamu lagi karena pembuatan Akta Jual Beli (AJB) serta dokumen legalitas lainnya langsung diproses oleh notaris rekanan bank tersebut. Dengan kata lain, membeli rumah melalui KPR juga bisa menghindarkan kamu juga dari sengketa kepemilikan tanah dan rumah di kemudian hari.

2. Rumah Sudah Langsung Siap Dihuni

Setelah segala persyaratan diatas tersebut sudah lengkap dan tidak ada masalah, rumah tersebut juga sudah bisa langsung dihuni tanpa memerlukan proses yang panjang lagi. Berbeda jika misalnya dengan membeli rumah tanpa KPR. Rumah tersebut baru bisa ditempati ketika pembayarannya sudah lunas atau ada kesepakatan lain dengan penjualnya. Menguntungkan sekali, bukan?

3. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Penuh Saat Membeli Rumah

Dengan harga rumah yang semakin lama semakin meningkat, mungkin kesempatan untuk memiliki rumah semakin kecil karena pasti membutuhkan waktu yang lama untuk menabung dahulu. Maka, adanya fasilitas KPR akan cukup memudahkan kamu untuk membayar DP nya saja terlebih dahulu. Biasanya DP berkisar di angka 10-20% dari total harga rumah. Proses DP ini juga memudahkan kamu memproses kepemilikan rumah sesegera mungkin. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi akan harga tanah dan rumah yang terus meningkat karena sisa dari harga rumah tersebut dapat dibayar dengan cara cicilan sesuai tenor yang sudah ditetapkan.

4. Lebih Mudah Dalam Mengatur Keuangan

Dengan adanya angsuran setiap bulannya, tentu akan lebih memudahkan bagi kamu untuk mengatur keuangan. Dan bagi para pegawai kantoran yang mendapatkan gaji setiap bulannya, tentu bisa lebih mudah karena bisa mengatur pemasukan untuk cicilan kpr dan kebutuhan hidup lainnya. Selain itu, karena angsurannya juga bersifat relatif tetap, nilai riil dari sebuah properti yang sedang dicicil justru semakin lama semakin menurun karena inflasi ataupun adanya kenaikan penghasilan yang terkadang membuat beberapa orang mampu melunasinya sebelum tenor KPR tersebut selesai.

5. Sarana Investasi Jangka Panjang

Dengan harga tanah dan rumah yang terus meningkat, tentu KPR juga bisa dijadikan sarana Investasi Jangka Panjang. Terlebih jika rumah tersebut terletak di lokasi strategis dan banyak diminati orang sehingga dapat menambah nilai jual rumah tersebut. Selain itu, dengan KPR juga kita bisa mengantisipasi harga rumah yang terus melonjak naik setiap harinya. Maka, segeralah ajukan KPR jika sudah memiliki dana tabungan yang cukup sebelum harganya melonjak naik.

6. Bisa Menjadi Sarana Penghasilan

Rumah KPR ini ternyata juga bisa menjadi sarana penghasilan yang bahkan dapat membayar cicilan itu sendiri. Rumah tersebut bisa disewakan dengan cara dikontrakan, maupun juga dengan menyewakan kamar kost. Jadi, bisa dikatakan bahwa rumah tersebut bisa saja didapatkan secara gratis. Asalkan kamu tahu cara memanfaatkan dan mengelolanya sebagai sarana penghasilan.

7. Pengembang Properti Yang Terpercaya

Selain legalitasnya yang terjamin, tentu dengan melalui KPR, pihak Bank juga akan mencarikan pengembang properti yang juga terjamin dan tidak perlu diragukan komitmennya dalam membangun rumah tersebut. Pengembang yang sudah bekerjasama dengan bank tentu akan memiliki tingkat reputasi yang baik. Hal ini dikarenakan bank pasti tidak ingin mengambil resiko dalam bekerjasama dengan pengembang properti yang track record-nya kurang baik.

8. Rumah Akan Terproteksi Jika Mengalami Musibah

Ketika mengajukan KPR untuk membeli rumah, Bank juga secara otomatis memberikan asuransi properti untuk rumah tersebut yang dibayarkan pada saat awal pengajuan KPR. Memang mungkin biaya yang dikeluarkan ketika pembayaran pertama terasa mahal. Namun, ketahuilah dengan adanya asuransi tersebut, jika terjadi kebakaran atau bencana alam lainnya yang menimpa rumah tersebut, maka kamu akan bisa mendapatkan ganti rugi dari pihak Asuransi sehingga pemilik rumah tersebut merasa terlindungi dan tidak perlu khawatir akan risiko kerugian yang dihadapi tersebut.

9. Dapat Dijadikan Jaminan Atau Agunan Untuk Pengajuan Kredit Pinjaman Lainnya Ke Bank

Walaupun statusnya belum lunas, ternyata rumah KPR tersebut dapat juga diajukan untuk agunan jaminan kredit lainnya di bank, lho. Misalnya, jika kamu butuh modal untuk usaha, Bank pun siap memberikan kredit dengan jaminan rumah KPR tersebut. Tentu saja, kamu sebagai nasabah yang mengajukan kredit harus mempunyai riwayat pembayaran pinjaman KPR yang baik ya agar pinjaman bisa cair.

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika membeli rumah melalui KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Sebelum memutuskan untuk memilih KPR yang tepat, ada baiknya jika memperhitungkan dahulu suka bunganya dan juga kemampuan untuk membayar cicilan KPR tersebut dengan tepat waktu hingga tenor KPR tersebut selesai.



Itulah 9 keuntungan mengajukan KPR saat membeli rumah. Semoga artikel DekorInspira.com ini bisa menjadi referensi dan inspirasimu sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR ya! Bila kamu ada pengalaman soal pengajuan KPR rumah boleh juga lho saling share di kolom komentar! Dan jangan lupa follow media sosial DekorInspira.com di Instagram, Twitter, dan Fanpage!

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *