5 Inspirasi Ruang Kerja Minimalis, Bikin Kerja Lebih Fokus dan Nyaman

DekorInspira.com – 5 Inspirasi Ruang Kerja Minimalis, Bikin Kerja Lebih Fokus dan Nyaman

Ruang kerja memang bukanlah salah satu kebutuhan utama dalam hunian rumah minimalis. Pasalnya, tiap orang punya anggapan berbeda tentang fungsi ruang kerja. Ada sebagian orang yang menganggap fungsi tersebut dapat disatukan dengan ruang lain. Sementara lainnya malah menganggap ruang kerja terpisah sangat penting untuk membangun konsentrasi. Padahal, alasan itu bisa muncul karena ketidaktahuanmu untuk mengatur ruang kerja nyaman di dalam sebuah hunian minimalis. Yuk simak baik-baik bagaimana cara mendesain ruang kerja minimalis tanpa harus mengorbankan banyak area di rumahmu! Check this out!

1. Kombinasi Warna Yang Tepat Mempengaruhi Kenyamanan Ruang Kerja Minimalis

Inspirasi ruang kerja minimalis pertama yang bisa kamu aplikasikan adalah menggunakan paduan tone warna harmonis dalam area ruang kerja yang ingin kamu bangun di rumah. Pemilihan warna ini tentu sangatlah penting untuk membangun suasana kerja yang nyaman, serta untuk meningkatkan konsentrasimu ketika bekerja di dalam area tersebut. Pilihlah warna yang tidak kontras atau bertabrakan dengan warna lainnya.



Contoh, kamu bisa gunakan warna dasar putih untuk ruangan kerjamu. Begitu juga pada perabot atau furnitur di dalamnya. Kombinasikan dengan aksesoris warna hitam untuk melengkapinya, seperti penambahan karpet berwarna hitam putih di bagian bawah meja kerja. Sebagai pemanis akhir, tambahkan vas bunga cantik untuk hiasan meja kerja. Jamin deh, warna monokrom ini bisa membuatmu merasa nyaman dan lebih fokus saat bekerja!

2. Tambahkan Aksen Kayu Untuk Membangun Suasana Ruang Kerja Minimalis Yang Hangat

Sebagian orang mungkin merasa inspirasi ruang kerja minimalis di atas hanya memberikan efek kaku dan dingin saat bekerja. Maka, supaya terlihat lebih hangat sekaligus nyaman, kamu bisa bereksplorasi dengan menggunakan material alami seperti kayu untuk area meja kerja atau sebagian dinding. Ketahuilah, adanya aksen kayu tersebut akan membantumu membangun kesan hangat dan akrab di ruang kerja. Atmosfer dingin dan kaku pun terusir perlahan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan paduan warnanya serta lighting agar tetap kelihatan harmonis dan tidak kontras satu sama lain.

3. Ruang Kerja Dengan Fokus Warna Putih? Why Not! 

Pernahkah kamu mendengar konsep ruang kerja all white? Ya, inilah konsep sederhana yang bisa kamu coba di rumah ketika ingin membangun ruang kerja dengan kenyamanan maksimal. Konsep ruang kerja all white ini akan semakin terasa homey ketika dipadu dengan lighting ruangan yang baik. Pemilihan warna putih sebagai dominasi di ruangan juga akan memberikan kesan ruang lebih luas, terutama jika memang ruang kerjamu tergolong sempit.



Sesuai konsep all white tersebut, pastikan kamu memilih furnitur yang berwarna putih pula seperti sofa, lemari dinding, meja, dan warna cat di dindingnya. Dengan berbatas dinding kaca dan view alam sekitar, dijamin deh, inspirasi ruang kerja minimalis tersebut bakalan membuatmu lebih nyaman bekerja. Nggak lagi deh bingung mencari ide desain dan warna yang cocok diaplikasikan di ruang kerja minimalismu!

4. Ide Ruangan Kerja Minimalis Modern Nan Elegan

Setiap orang tentu punya selera masing-masing soal inspirasi desain ruang kerja minimalis yang jadi impiannya. Ada yang ingin kesan sederhana, ada pula yang ingin ruangan kerja minimalis namun tetap kelihatan modern dan elegan. Jika demikian, janganlah ragu untuk tetap bereksplorasi dan mencari ide-ide unik untuk diaplikasikan di ruangan kerjamu.

Misalnya, dengan menggunakan lighting set hangat berdesain unik di dekat meja kerja untuk membantu membangun konsentrasi ketika bekerja sekaligus membuatnya tampak lebih elegan. Atau pemberian hiasan dinding berupa lukisan yang juga bisa membuat ruanganmu terlihat artistik. Terakhir, kamu bisa menjadikan area jendela di ruang kerja sebagai titik lokasi meja kerjamu. Sinar matahari pagi alami yang masuk ke ruang kerja akan memunculkan inspirasi-inspirasi menarik saat kamu bekerja.

5. Keterbatasan dalam Ruangan Kerja Minimalis? Cobalah Desain Khusus Ruangan Sempit Berikut Ini

Tiap rumah minimalis memang umumnya tidak disertai ruangan kerja khusus bagi penghuninya. Namun, kamu bisa tetap kok mencari inspirasi ruang kerja minimalis yang bisa diaplikasikan dirumahmu. Tak perlu khawatir, jika memang tidak ada ruangan khusus, sisa ruangan seperti bawah tangga, kolong tempat tidur bunkbed, atau taman belakang rumah bisa jadi ide untuk memanfaatkannya sebagai ruangan kerja khusus.



Yup, yang pasti nantinya area ini akan tetap dibangun dengan desain yang menarik dan eye catching biar kamu bisa merasa betah berada di area tersebut. Tambahan aksesoris ruangan seperti pemberian lukisan di atas meja dan dinding bukanlah ide yang buruk. Berkreasilah dan jangan lupa berikan kata-kata supportive pada salah satu sisi dinding biar kamu termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Menarik juga, kan?

Nah, itulah 5 inspirasi ruang kerja minimalis yang bisa kamu aplikasikan biar tetap fokus dan nyaman bekerja di rumah. Jika ada ide lain yang lebih menarik, jangan lupa untuk share di kolom komentar yuk!

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *