17 Ide Kreatif Dekor Rumah Kecil Keren Dengan Budget Minimalis

DekorInspira.com – 17 Ide Kreatif Dekor Rumah Kecil Keren Dengan Budget Minimalis

Sudah baca artikel tentang pilihan tema home decor di DekorInspira.com? Bila sudah membaca artikelnya dan memilih tema dekor rumah yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah memulai merencanakan dan menyusun budget untuk merealisasikan rumah sesuai dengan desain interior impian. Tapi, gimana ya kalo budget terbatas?



Eits, jangan khawatir ya, guys! Biaya terbatas bukanlah menjadi halangan untuk mengubah dekor rumah menjadi lebih keren, lho. Dengan sedikit kreatifitas, kamu juga bisa membuat rumah mungilmu terlihat kece tanpa perlu mengeluarkan banyak dana. Sedikit perbedaan dalam pencahayaan rumah, tambahan tanaman, karpet, tirai, atau warna-warni di rumah, akan membantu rumahmu terlihat lebih indah.

Nggak percaya? Ini dia tips-tips dan ide kreatif dekorasi rumah kecil yang bisa kamu ikuti!

1. Furnitur Warna Senada Dan Netral Akan Membuat Rumah Mungilmu Terlihat Lebih Rapi. Tambahkan Juga Lampu Gantung Minimalis Dengan Budget Terjangkau Yang Bisa Berikan Kesan Mewah.

Menata rumah kecil berarti harus cermat dalam memilih warna ruangan. Hal ini patut diperhatikan karena berpengaruh terhadap konsep dan keindahan ruang. Pilih warna netral seperti putih, biru, abu-abu yang dapat memberikan kesan lapang di dalam rumahmu. Manfaatkan juga ruang kosong di bagian atas ruangan dengan memasang lampu gantung dengan desain menarik agar dekor rumahmu terlihat cantik.

2.  Gabungkan Warna Monokrom Atau Netral Di Dalam Rumah Dengan Karpet Bermotif Modern Untuk Suasana Yang Lebih Aesthetic.

Berasal dari kata mono dan chrome dalam bahasa inggris, monokrom memiliki arti sebagai sebuah warna yang dibentuk oleh satu rona hue saja. Warna monokrom ini tidak terbatas hanya pada warna hitam-putih-abu-abu saja, namun juga seperti pada kombinasi biru muda – biru tua, merah tua – merah muda. Agar ruangan dengan tema monokrom terlihat lebih menarik, cobalah tambahkan dekorasi karpet bermotif modern di sekitarnya.

3. Berinvestasi Pada Pilihan Cat Dinding Berwarna Yang Berkualitas Agar Tahan Lama. Plus, Tempelkan Hiasan Dinding Yang Ikonik Sebagai Pemanis Ruangan.

Ada banyak keuntungan membeli cat yang berkualitas, diantaranya lebih tahan lama dan tidak mudah kusam. Pemilihan cat yang tepat juga bisa membangun suasana ruangan yang baik. Misalnya, di ruangan tidur akan lebih nyaman jika memakai warna cat yang kalem agar istirahatmu jadi lebih tenang. Sementara, untuk di ruang tamu, kamu bisa memilih warna cat dengan tone ceria dan terang untuk membangun kesan homey. Kemudian, buatlah dinding rumahmu tampak lebih menarik dengan menempel dan memilih hiasan dinding yang unik.

4. Dibandingkan Ubin, Lebih Baik Pasang Panel Anti-Percikan Di Dapur Untuk Menghemat Bujet. Awetnya Tetap Sama Kok!

Ada banyak jenis panel yang bisa digunakan sebagai variasi dinding dapur, seperti ubin keramik, kayu, wallpaper, akrilik, dan plastik. Bila budgetmu terbatas untuk melakukan dekorasi ulang dapur, panel akrilik dan plastik adalah pilihan yang tepat. Tahan air, cepat, kering, dan mudah dibersihkan adalah keuntungan menggunakan panel anti-percikan berbahan dasar akrilik di dapur. Dan yang paling penting, materialnya awet dan juga lebih hemat biaya.

5. Pilih Tirai Warna Cerah. Selain Bisa Membuat Ruangan Terlihat Berbeda, Sinar Matahari Pagi Pun Dapat Tembus Melalui Jendela Rumahmu.

Rumah yang terkena sinar matahari alami akan memberikan kesan terang ke dalam ruangan. Namun, perlu diperhatikan agar cahaya yang masuk tidak terlalu berlebihan sehingga suhu ruangan terjaga. Maka, gunakan tirai jendela sebagai solusi agar temperatur dan sinar matahari yang masuk bisa disesuaikan. Memilih tirai jendela yang tepat artinya adalah memilih tirai yang mendukung konsep desain ruanganmu. Bila ingin menjadikannya sebagai point of interest, gunakan tirai jendela yang warnanya kontras dengan warna cat dinding.

6. Tanaman Unik Kecil Yang Murah Meriah Bisa Dijadikan Dekorasi Di Meja Samping Tempat Tidurmu.

Walaupun terlihat sederhana, dekorasi tanaman seperti pakis, kaktus, dan lumut yang memberikan warna hijau alami akan menambah suasana kesegaran di dalam rumahmu. Selain itu, suasana hijau ini akan membuat ruanganmu terlihat lebih hidup. Tak usah menaruh tanaman yang begitu besar, agar perawatannya juga lebih mudah dilakukan.

7. Praktis Dan Hemat Ruang Dengan Furnitur Yang Multifungsi.

Furnitur yang bertemakan space saving ini cukup membantu memberikan ruang yang luas bagi pemilik rumah yang minimalis. Kamu tak akan menduga bagaimana sebuah sekat dinding bisa menjadi sebuah lemari multifungsi untuk menaruh peralatan kamar mandi atau hiasan dinding yang dijadikan sebuah meja. Kamu juga bisa membeli sebuah furnitur yang memiliki roda dibawahnya agar mudah dipindahkan dan menghemat energimu saat mendekor ulang.

8. Jangan Anggap Sepele Benda Antik Di Toko  Loak. Bisa Dijadikan Dekorasi Rumah Unik, Lho!

Saat ini, berburu barang antik menjadi sebuah tren yang digandrungi anak muda maupun tua. Tak jarang saat berkelana di pasar loak, kamu akan menemukan benda-benda unik yang bisa dijadikan hiasan di rumah. Tapi, sebelum membeli barang antik, pertimbangkan juga kesesuaian perabot dengan desain rumah impianmu. Untuk rumah minimalis, pilih saja barang yang berukuran kecil, seperti radio kuno atau pajangan dinding agar tidak menghabiskan banyak ruang.

9. Pajang Karya Seniman Untuk Mempercantik Ruangan Di Rumahmu. 

Siapa bilang karya seni harus yang mahal? Bila dinding rumahmu terkesan masih polos, tambahkan saja dekorasi cantik berupa lukisan besar dengan warna cerah. Meletakkan lukisan di dalam ruangan pun tidak bisa asal-asalan. Perhatikan bentuk, warna, isi dan kategori lukisan itu juga ya! Pilihlah lukisan yang selaras dengan komposisi ruangan, namun tetap sesuai dengan karaktermu. Seketika, rumahmu akan terasa lebih cerah dan homey!

10. Tempel Pot Gantung Warna-Warni Yang Mudah Dibuat Sendiri Di Rumah Di Bagian Dinding Rumah Yang Kosong.

Bagi kamu yang suka suasana hijau di dalam ruangan, manfaatkanlah pot-pot kecil untuk menanam spesies tanaman favorit. Ada banyak bahan yang populer digunakan sebagai pot, seperti plastik, kaleng, ataupun keramik. Supaya lebih menarik dan tidak membosankan, warnai pot berbentuk geometris dengan warna-warni cerah. Bentuk pot yang sederhana seketika menjadi terlihat modern dan unik ketika diaplikasikan ke dekor rumah minimalis.

11. Tidak Harus Selalu Membeli Barang Baru Untuk Mendekor Rumah. Tunjukkan Kreativitasmu Dengan Mengecat Kursi Rumah Menjadi Warna-Warni!

Membeli furnitur baru untuk mengganti furnitur yang lama yang sudah usang tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, mengecat ulang kembali furnitur lama bisa dijadikan solusinya. Hal ini bisa dilakukan terutama untuk furnitur berbahan dasar kayu. Mulailah dari tahapan mengamplas permukaan furnitur, hilangkan bekas debu yang masih menempel, kemudian proses pengecatan, hingga terakhir tahapan pernis hingga furnitur tampak mengkilap. Voila! Kursi kayu lama tampak seperti baru kembali!

12. Menambahkan Motif Di Perabotan Yang Sudah Ada Akan Membuat Suasana Jadi Berbeda. Jangan Takut Menabrakan Motif Dan Warna-Warni Seru Seperti Meja Dan Kursi Ini.

Bosan dengan satu warna-warni saja? Kamu bisa bereksperimen menggabungkan warna-warna cerah tersebut ke dalam sebuah motif yang unik. Tema seperti ini cocok untuk rumah minimalis dengan sentuhan desain musim panas yang ceria atau interior ala bohemian. Pilihan warna cerah seperti ini nggak akan pernah salah untuk mempercantik bagian teras rumah ataupun ruang keluarga. Namun, jangan lupa perhatikan juga ya tata letaknya supaya ruangan tidak kelihatan terlalu penuh.

13. Mau Menambahkan Kesan Rustic/Industrial Di Dalam Ruangan? Manfaatkan Kotak Kayu Tua Ini Menjadi Tempat Duduk Yang Unik.

Kesadaran masyarakat yang makin tinggi mengenai produk ramah lingkungan, membuat hal yang berhubungan dengan daur ulang kian diminati. Lihat saja bagaimana palet kayu tema gaya industrial ini menjadi inspirasi dekor rumah yang simpel, serbaguna, sekaligus terlihat artistik. Tak menyangka kan bahan material yang murah ini bisa disulap menjadi sesuatu yang keren?

14. Tersedia Banyak Pola Dan Motif Kain Unik Di Internet. Bisa Diolah Untuk Dijadikan Sarung Bantal Yang Unik Lho!

Meski kesannya sepele, memilih sarung bantal yang tepat akan mempertegas suasana dekorasi ruangan dan menambah estetika. Sofa berwarna netral sebaiknya dipasangkan dengan bantal sofa bermotif atau berwarna cerah seperti kuning atau merah agar tidak memunculkan kesan kusam. Sebaliknya, bila sofa memiliki motif, gunakan bantal sofa berwarna polos yang senada dengan salah satu warna di motif sofa.

15. Mau Menampilkan Foto-Foto Kenangan Bersama Sahabat Dan Keluarga? Gunakan Saja Penjepit Kertas Sebagai Elemen Dekorasi Ruanganmu! Hemat Dan Unik!

Dinding kosong di dalam ruangan bisa menjadi area yang menarik bila kamu mendekorasinya dengan photo wall. Tak hanya sekedar pajangan semata, photo wall area menjadi semacam media untuk memperlihatkan momen berharga kamu bersama keluarga dan teman. Temanya bisa foto liburan keluarga, foto bersama teman dan sahabat, foto lanskap kota yang pernah dikunjungi, ataupun foto hitam putih. Gunakan jepitan kayu dan tali rotan untuk membuatnya terlihat unik dan personal.

16. Gunakan Warna-Warni Neon Untuk Memberikan Kesan Ruangan Yang Lebih Cerah.

Bosan dengan warna netral? Cobalah mengaplikasikan warna-warna neon yang sempat populer di tahun 80-an ini. Tak hanya membuat ruangan menjadi telihat lebih fresh, warna neon bisa membawa suasana ruangan menjadi lebih ceria. Namun, jangan sembarangan mengaplikasikan warna neon bila kamu tidak ingin ruangan di rumahmu terasa sumpek dan terlalu ramai. Agar lebih aman, padukan warna neon dengan warna kalem yang netral seperti putih, krem, dan abu-abu untuk menyeimbangkan warna neon yang mencolok. Selain itu, gunakan saja satu warna neon dalam satu ruangan.

17. Adanya Gantungan Kecil Di Dinding Memang Terkesan Simpel, Tapi Ternyata Bisa Dijadikan Elemen Dekor Yang Multifungsi Lho!

Kesannya memang terlihat seperti barang yang sepele. Namun, adanya gantungan kecil di dinding membantu agar ruangan lebih rapi. Kamu tak lagi harus menaruh tas, jaket, atau kunci mobil sembarangan. Modelnya yang menempel di dinding membuat rumah minimalismu tidak terkesan penuh dibandingkan harus memakai standing rack. Sesuaikan juga model gantungan dengan tema interior rumahmu. Gantungan berbahan metal akan cocok untuk rumah dengan dekor modern minimalis, sementara yang berbahan kayu cocok untuk gaya klasik, vintage, atau shabby chic.



Tips terakhir, kamu bisa saja memutuskan untuk mendekor ulang rumahmu tanpa memakai jasa desain interior agar lebih menghemat budget. Lakukan saja riset dan belajar sendiri cara untuk mendekor rumah agar terlihat menarik. Memang jadi lebih lama sih prosesnya. Tapi, kamu bakalan merasa lebih puas kalau dekor yang kamu buat hasilnya keren! Lakukan saja dekor interior rumah di waktu luangmu untuk sekaligus menjadi hobi yang menyegarkan pikiran di akhir pekan.

Bagaimana, sudah punya ide-ide seru untuk diaplikasikan ke dalam dekorasi interior rumahmu? Share di kolom komentar yuk! (ddr/ddr)

, , , , , , ,

1 thought on “17 Ide Kreatif Dekor Rumah Kecil Keren Dengan Budget Minimalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *